Viral Siswa SMA di Polman Kabur Jelang Akad Nikah, Kakak Jadi Penggantinya!

Siswa SMA berinisial FA (17) di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) kabur menjelang hari ijab kabulnya dengan calon istrinya, MI (16). Posisinya kemudian digantikan oleh kakaknya bernama Ahmad Adzyan.

Akad nikah Ahmad dan MI digelar pada Sabtu (15/7). Pesta pernikahan keduanya pun tetap ramai meski mempelai laki-laki diganti.

Dirangkum detikcom, Jumat (21/7/2023), berikut 6 fakta siswa SMA di Polman kabur menjelang akad nikah hingga akhirnya digantikan oleh kakaknya.

1. FA Kabur 3 Hari Jelang Akad Nikah

Sepupu pengantin pria, Linda mengatakan FA kabur tiga hari menjelang acara pernikahannya. Pihak keluarga lantas sepakat menunjuk sang kakak Ahmad untuk menggantikan FA sebagai calon pengantin pria.

Keputusan tersebut pun mendapat persetujuan dari keluarga calon pengantin wanita. Hal itu dilakukan agar acara pernikahan tetap dapat dilaksanakan.

“Akhirnya keluarga meminta si kakak untuk menggantikan, apalagi semua persiapan sudah dilakukan, dia juga langsung rela (menikah) demi keluarga,” kata Linda kepada wartawan, Rabu (19/7).

Baca Juga:   Menteri Termuda di Kabinet Jokowi, Dito Ariotedjo Menpora Baru

“Disampaikan juga sama keluarga calon pengantin perempuan dan mereka menerima,” sambungnya.

2. FA Tak Setuju Dinikahkan

Linda mengungkapkan, saat ini FA dan MI sama-sama masih duduk di bangku SMA. Ketika ingin dinikahkan, FA rupanya tidak setuju sehingga diduga memilih kabur tepat 3 hari menjelang pernikahannya.

“(FA) Masih mau sekolah, dia belum siap (menikah), apalagi baru SMA kelas satu, makanya menjelang hari pernikahan dia kabur,” ujar Linda.

3. Kedua Mempelai Saling Menerima

Linda mengatakan Ahmad berbesar hati menuruti permintaan keluarganya. Dia juga mengungkapkan jika kedua mempelai tampak bahagia saat melangsungkan pernikahan.

“Alhamdulillah, kedua mempelai saling menerima baik laki-laki maupun perempuan. Si kakak ini juga berbesar hati menerima permintaan keluarga. Apalagi semua persiapan (pernikahan) sudah dilakukan,” imbuhnya.

“Na terima ji perempuannya, kita sampaikan sebelumnya sama keluarga perempuan, masa kita mau langsung ke sana (rumah perempuan) beda laki-laki,” terang Linda.

Baca Juga:   Bus Miyor Pendatang Baru di lintasan Sumbar-Jakarta

4. Alasan Ahmad Terima Gantikan Adiknya

Menurut Linda, Ahmad dipilih menggantikan adiknya karena belum memiliki kekasih. Selain itu, Ahmad juga dinilai memiliki pemikiran lebih dewasa dibanding FA.

“Inikan kakaknya kebetulan juga masih jomblo, lebih dewasa juga. Apalagi beda beberapa tahun (dengan FA) maka na tanya mi semua keluarga,” jelasnya.

5. Pernikahan Ahmad dan MI Tak Terdaftar di KUA

Pernikahan Ahmad dan MI belakangan diketahui tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). Pernikahan berlangsung tanpa mengajukan dispensasi menikah di bawah umur ke Pengadilan Agama Polman.

“Status pernikahannya tidak terdaftar di KUA,” kata Kepala KUA Campalagian, Polman, Kafrawi Arifin saat dihubungi, Kamis (20/7).

Namun Kafrawi tidak menjelaskan alasan sehingga kedua mempelai tidak mendaftarkan pernikahan pasangan tersebut.

“(Tidak mengajukan dispensasi nikah) tidak,” ujarnya singkat.

Baca Juga:   Heboh Bangku Pesawat Saling Berhadapan Seperti Kereta

6. MI Lulus Anggota Paskibraka Polman

Magfirah ternyata sudah dinyatakan lulus sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Polman. Namun MI mengajukan pengunduran diri dan memilih menikah.

“Sejak diseleksi, dia (MI) terpilih (anggota Paskibraka). Secara aplikasi juga lolos, sudah masuk di jajaran 75 peserta itu,” kata Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda Dispora Polman, Rahmat kepada wartawan, Kamis (20/7).

Rahmat menyebut MI mengundurkan diri sebagai anggota Paskibraka Polman tahun 2023, setelah panitia seleksi mencari tahu keberadaannya. Sebab sebelumnya, MI tidak hadir pada sesi pengukuran seragam anggota Paskibraka 2023 di Polman.

“Dia memenuhi semua persyaratan, postur dapat, berat badan dapat, wawasan kebangsaan juga, face juga mantap. Bahkan masuk urutan sembilan terbaik untuk perempuan,” tuturnya.

“Awalnya dia mengaku mengundurkan diri karena masalah keluarga, tapi dari pendampingnya saya tahu kalau mau menikah,” pungkasnya.

Loading

Berikan Komentar Anda