Jurusan Kuliah Unik di Dunia! ada yang Belajar Desain Mainan

Jurusan kuliah tak melulu tentang teknik, kedokteran, dan ekonomi. Di berbagai belahan dunia, ada beberapa jurusan kuliah unik yang mungkin tak pernah kamu bayangkan.

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia ulasan dari 7 jurusan kuliah yang antimainstream di dunia, dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Studi Cerita Rakyat

Apabila kamu tertarik dengan hal-hal yang berbau supernatural dan cerita yang di luar nalar, Studi Cerita Rakyat adalah jurusan yang tepat untukmu. Dalam jurusan yang ditawarkan oleh University of Hertfordshire, Inggris, ini akan mempelajari sejarah di balik cerita rakyat yang ada hingga kini.

Folklore Studies ini hanya tersedia dalam jenjang kuliah S2 atau pendidikan magister.

2. Peternakan dan Teknologi Teh

Beauties, apakah kamu suka minum teh dan penasaran bagaimana industri teh bekerja? Assam Agricultural University di India menawarkan jurusan Peternakan dan Teknologi Teh yang tersedia dari jenjang S1 sampai S3.

Baca Juga:   Fari Hamzah "Dikeroyok" Oleh 9 Orang Di Metro TV

Dikutip dari Times Higher Education, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah yang mempelajari budidaya teh, mencicipi minuman, dan bagaimana industri teh bekerja dalam segi ekonomi dan perdagangan.

3. Seni Sirkus

Swinburne University, Australia, menawarkan jurusan unik yakni Seni Sirkus atau Circus Arts. Kamu akan belajar tentang sejarah sirkus, budaya sirkus, serta bagaimana untuk menjadi penampil yang baik dalam pertunjukan sirkus.

4. Vitikultura dan Oenologi

Vitikultura dan oenologi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana anggur dibudidayakan dan diproduksi menjadi wine. Kamu bisa mengambil jurusan ini di Cornell University, Amerika Serikat.

Jika kamu mengambil jurusan ini, bakal ada banyak kesempatan untuk praktik langsung di tempat pembuatan wine terbaik di dunia.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Institut Teknologi Bandung 2024/2025

5. Peretasan Etis

Istilah ‘hacking‘ atau peretasan memang terdengar negatif karena sering diasosiasikan mencuri data digital orang lain. Namun, ternyata ada cara meretas yang baik yakni melalui jurusan kuliah ‘Peretasan Etis’ atau ‘Ethical Hacking‘ yang ditawarkan oleh Abertay University, Skotlandia.

Dalam jurusan ini, peserta didik akan belajar tentang sistem keamanan digital yang paling kompleks dan bagaimana cara mengembangkannya. Jurusan ini sangat cocok jika kamu ingin terjun di dunia IT.

6. Desain Mainan

Dikutip dari The College Post, Otis College of Art and Design menawarkan jurusan kuliah yang unik yakni Toy Design atau Desain Mainan. Mahasiswa akan mengambil mata kuliah psikologi anak-anak, teknik, hingga desain digital untuk merakit sebuah mainan yang digemari anak-anak.

Baca Juga:   Kuliah Malam S1 S2 Jurnalistik Di Bekasi

Menarik, ya, Beauties? Siapa tahu kamu bisa menciptakan boneka Barbie versi Indonesia di masa depan!

7. Desain Sepeda

Ternyata, ada jurusan yang menjelaskan bagaimana mendesain sepeda dari A sampai Z agar nyaman digunakan oleh pengguna sepeda. Kamu bisa mempelajarinya di jurusan Bicycle Design atau Desain Sepeda di Minnesota State College Southeast, Amerika Serikat.

Dengan mengambil program studi ini, kamu bisa bekerja sebagai teknisi jaminan kualitas dan spesialis produk yang gajinya tidak main-main.

Loading

Berikan Komentar Anda