PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA D4-S1 KE AMERIKA SERIKAT OLEH AMINEF

Bagi anda mahasiswa D4 atau S1, saat ini terdapat beasiswa pertukaran mahasiswa yang dapat anda ikuti. Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD Program) diselenggarakan oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) dengan pendanaan dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS. Program pertukaran mahasiswa D4/S1 ini bersifat beasiswa penuh dan dilaksanakan selama satu semester pada perguruan tinggi Amerika Serikat yang telah ditentukan. Program Global UGRAD rutin ditawarkan setiap tahunnya bagi seluruh mahasiswa S1 Indonesia, baik dari universitas negeri maupun swasta.

Tentunya selain bisa merasakan dan menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa di universitas Amerika Serikat, anda juga akan mendapatkan berbagai pengalaman. Seperti kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan masyarakat, orientasi kedatangan dan workshop saat program berakhir. Selama masa studi di Amerika, anda akan menempati fasilitas perumahan kampus bersama mahasiswa lainnya. Selain itu, anda juga berkesempatan menambah relasi internasional yang akan berguna nantinya. Program pertukaran mahasiswa ini bersifat full scholarship, yang telah meliputi biaya perjalanan internasional, uang perkuliahan, akomodasi, asuransi kecelakaan/kesehatan, tunjangan bulanan, serta biaya buku. Peserta juga diwajibkan mendaftar pada dua bidang studi dari jurusan yang sama dengan di universitas asal serta minimal satu bidang studi yang berhubungan dengan Amerika Serikat (sejarah/sastra/seni/atau pemerintahan Amerika).

Baca Juga:   Pemerintahan Jokowi Akan Pindahkan Ibu Kota RI, Ini Sejumlah Calon Ibu Kota Pengganti Jakarta

Persyaratan:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia.
2. Berusia minimal 18 tahun.
3. Merupakan mahasiswa D4/S1 dari universitas negeri atau swasta di Indonesia. Telah menyelesaikan minimal semester pertama. Lebih diutamakan bagi mereka yang sedang menempuh semester tiga atau lima.
4. Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui prestasi akademik, keterlibatan dalam masyarakat/komunitas, dan kegiatan ekstrakurikuler.
5. Menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan skor TOEFL ITP atau Tes Prediksi TOEFL minimal 500 (diperoleh dalam waktu dua tahun terakhir).
6. Berkomitmen untuk langsung kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program pertukaran Global UGRAD Program.
7. Bukan merupakan warganegara atau berdomisili di Amerika Serikat.
8. Saat ini tidak sedang menempuh pendidikan, tinggal atau bekerja di luar Indonesia.
9. Bukan merupakan anggota keluarga dari pegawai Departemen Luar Negeri AS, USAID, AMINEF, dan World Learning.

Baca Juga:   2012 Mext Scholarship for International Graduate Program for Advanced Science

Berkas pendaftaran yang dibutuhkan:
1. Dua surat referensi akademik, satu dari dosen jurusan yang bersangkutan, dan yang satu bisa berasal dari dosen lain, atasan, pelatih, atau pimpinan/pengawas kegiatan di masyarakat.
2. Fotocopy KTP.
3. Transkrip nilai terbaru dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Note: Seluruh berkas pendaftaran diatas harap disiapkan dalam bahasa Inggris. Scan berkas dokumen diatas untuk diupload pada aplikasi online.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar program pertukaran mahasiswa oleh Global UGRAD, peserta dapat melengkapi form aplikasi online pada link berikut: Online Application.

Link aplikasi online di atas baru bisa diakses pada tanggal 1 November 2017 dan ditutup pada 31 Desember 2017. Meski pendaftaran belum dibuka, anda yang berminat mengikuti program ini bisa mempersiapkan diri dari sekarang, seperti melengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan dan sebagainya. Pada Form Aplikasi Online, anda dapat membuat akun terlebih dahulu kemudian mengupload hasil scan berkas dokumen di atas. Kemudian anda dapat menginformasikan pada staf AMINEF via email dengan melampirkan hasil scan TOEFL ITP/Tes Prediksi TOEFL kepada: [email protected], dengan subject email: “[Nama Lengkap Anda] – Completed Global UGRAD Online Form”.

Baca Juga:   Seminar Nasional Peranan Bioteknologi Bagi Kemajuan Bangsa, Program Studi Bioteknologi Universitas Esa Unggul

Informasi lebih detail dapat ditanyakan melalui email: [email protected] atau mengunjungi website resmi: www.worldlearning.org/ugrad. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading

Berikan Komentar Anda