Haruskah Memanaskan Mesin Sepeda Motor?

Ritual memanaskan mesin sepeda motor sebelum melakukan beraktivitas di pagi hari masih kerap dilakukan sejumlah pemilik kendaraan.

Di balik kebiasaan itu ternyata ada keuntungan yang didapat jika dilakukan secara rutin. Berikut kelebihannya.

Sirkulasi oli ke mesin

Memanaskan mesin sepeda motor membuat oli bersirkulasi ke ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat dilumasi dengan baik.

Cas aki

Sepeda motor yang jarang digunakan membuat aki motor perlu diisi agar tidak ngedrop. Dengan menyalakan mesin sepeda motor, itu dapat membantu melakukan cas secara otomatis sehingga aki teraliri listrik.

Suhu kerja ideal

Dengan memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan sepeda motor siap digunakan.

Baca Juga:   Heboh Sepeda Motor Meledak di SPBU Bekasi

Tapi seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor seperti hadirnya teknologi injeksi, ini membuat pemilik sepeda motor tak perlu lagi memanaskan mesin setiap pagi.

Meski demikian, pemilik sepeda motor tetap boleh memanaskan mesin dengan catatan melakukannya sesuai dengan yang dianjurkan. Seperti cukup nyalakan motor dan diamkan beberapa saat tanpa harus memutar-mutar selongsong gas.

Meski memanaskan motor menjadi anjuran, tapi kegiatan itu harus dilakukan dengan benar. Jangan memanaskan motor dengan cara yang keliru, seperti ulasan berikut.

Mainkan rpm mesin

Menggeber gas saat memanasi mesin motor memang sangat dianjurkan. Karena dengan membuka tuas gas pada pagi hari, proses pelumasan oli pada mesin akan berlangsung lebih cepat.

Baca Juga:   Viral Pembelian Motor Baru dengan Pembayaran Tunai, Yamaha Angkat Bicara Terkait Biaya Tambahan Rp1 Juta

Namun ini tidak asal sembarang geber saja. Idealnya cukup sampai di angka 3.000 rpm . Intensitasnya juga cukup beberapa kali saja dengan durasi sesaat.

Dengan cara ini komponen pada mesin motor akan dilumasi secara menyeluruh dalam waktu kurang dari 2 menit.

Cukup 2 menit

Memanaskan motor paling lama dua menit, itu sudah lebih dari cukup. Ingat Walaupun hanya dalam keadaan stasioner, motor Anda bisa saja overheat bila dipanaskan dengan waktu lama. Apalagi jika motor masih mengandalkan angin luar sebagai pendingin.

Tidak dilakukan di dalam ruangan

Satu-satunya kesalahan yang sering dilakukan banyak pengendara dan sangat membahayakan kesehatan keluarga, yaitu menyalakan motornya di dalam rumah.

Baca Juga:   Viral Kereta Api Nyaris Senggol Mobil dan Motor

Hal ini berbahaya sebab motor konvensional dalam kondisi hidup dapat mengeluarkan emisi berupa Karbon Monoksida (CO) dan Karbon Dioksida (CO2) mengutip Wahana Honda.

Loading

Berikan Komentar Anda