Catat Tujuan Mudik Gratis Akhir Tahun, Bisa Daftar Mulai Hari Ini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik gratis dalam periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024). Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis bagi pengguna sepeda motor.

Program mudik gratis diselenggarakan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik Nataru. Pendaftarannya dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 – 20 Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) masih banyak masyarakat yang akan mudik menggunakan sepeda motor. Hasil survei tersebut diperoleh angka bahwa sekitar 20,14 juta orang akan mengendarai sepeda motor. Padahal, perjalanan jauh menggunakan sepeda motor tidak disarankan untuk alasan keselamatan.

Baca Juga:   PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2016/2017

“Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan Mudik Gratis di libur Nataru ini,” ujar Direktur Angkutan Jalan Suharto dikutip dari keterangan tertulisnya.

Ditjen Perhubungan Darat akan menyediakan 90 unit bus AKAP dan pariwisata. Total penumpang yang bisa diangkut sebanyak 3.500 orang. Tak cuma penumpang, sepeda motornya pun bisa diangkut menggunakan truk. Sebanyak empat truk disiapkan untuk membawa 120 unit sepeda motor.

Keberangkatan sepeda motor dengan truk rencananya dilakukan pada Jumat (22/12/2023) dari Terminal Tipe A Pondok Cabe. Sedangkan pelepasan Mudik Gratis bagi penumpang dilaksanakan pada Sabtu (23/12/2023) dari Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Baca Juga:   Anda Sibuk Bekerja, Tapi Ingin Kuliah? Kelas Karyawan Solusinya

Kota tujuan mudik gratis dengan masing-masing unit berkapasitas 40 orang yang disiapkan adalah:

1. Jakarta-Solo
2. Jakarta-Yogyakarta
3. Jakarta-Surabaya
4. Jakarta-Wonosobo
5. Jakarta-Semarang
6. Jakarta-Wonogiri
7. Jakarta-Cilacap
8. Jakarta-Putwokerto
9. Jakarta-Malang
10. Jakarta-Kediri
11. Jakarta-Madiun
12. Bus Disabilitas

Untuk sepeda motor disiapkan dua kota tujuan, yaitu:

1. Jakarta-Solo
2. Jakarta-Yogyakarta

“63 bus akan diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang (2.520 penumpang) dan Terminal Kampung Rambutan 27 bus (1.080 penumpang),” imbuh Suharto.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Selanjutnya, lakukan pendaftaran sesuai langkah-langkah yang diarahkan dari aplikasi Mitra Darat.

“Kemudian, masyarakat yang telah melakukan pendaftaran online agar melakukan verifikasi di kantor pusat Kemenhub dan GOR Bulungan Blok M untuk wilayah Jakarta, serta Terminal Pondok Cabe untuk wilayah Tangerang Selatan,” tutur Suharto.

Loading

Berikan Komentar Anda