Cara Perpanjang SIM Online

Cara perpanjang SIM sekarang makin mudah karena bisa dilakukan lewat online. Berikut ini caranya dan biaya yang bakal dikeluarkan.

Perpanjangan SIM kini sudah bisa dilakukan dimanapun. Asalkan kamu punya handphone, maka perpanjangan SIM bisa dilakukan di mana saja. Tak perlu lagi mengambil cuti kerja dan mengantre di Satpas SIM sejak pagi. Kamu bisa melakukannya dengan cara online.

Cara perpanjang SIM online ini cukup mudah karena dilakukan melalui aplikasi Digital Korlantas. Kalau belum punya aplikasinya, jelas langkah pertama kamu harus mengunduhnya di App Store atau Google Playstore. Kamu hanya tinggal perlu mengisi data-data yang diminta.

Setelahnya, kamu juga akan mengikuti tes pesikologi dan tes kesehatan yang sudah terintegrasi dengan aplikasi tersebut. Kalau semua persyaratan sudah diisi, kamu tinggal menunggu SIM dikirim ke alamat yang kamu inginkan.

Lebih lengkapnya berikut cara perpanjang SIM online.

  1. Unduh aplikasi Digital Korlantas POLRI di Playstore ataupun AppStore
  2. Kemudian lakukan registrasi aplikasi dengan mengisi no handphone, lalu Anda akan menerima kode OTP via SMS.
  3. Masukkan kode OTP
  4. Buat PIN dan konfirmasi PIN
  5. Lengkapi profile di menu profile dengan mengisi no NIK, Nama, dan email. Lalu Anda akan menerima email untuk mengaktifkan akun Anda
  6. Kemudian lakukan verifikasi E-KTP dengan melakukan foto Liveness
  7. Sebelum melakukan permohonan perpanjangan SIM, mohon untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti; E-KTP, foto SIM lama, Tanda tangan di atas kertas putih, dan pas foto dengan latar berwarna biru.
  8. Kemudian, lakukan tes rikkes jasmani dierikkes.iddan tes psikologi diapp.eppsi.id. Anda dapat membuka website tersebut di browser handphone Anda.
  9. Setelah itu lakukan permohonan perpanjangan SIM dengan mengklik Menu SIM dan pilih perpanjangan SIM
  10. Unggah dokumen yang diperlukan untuk melakukan perpanjangan SIM
  11. Pilih SATPAS penerbit
  12. Masukkan nomor rekening pengembalian untuk pengembalian dana jika pengajuan perpanjangan SIM ditolak oleh SATPAS dikarenakandokumen pengajuan tidak memenuhi persyaratan.
  13. Pilih metode pengiriman/metode pengambilan. Jika Anda memilih metode pengiriman POS Indonesia, masukkan alamat pengiriman
  14. Pilih metode pembayaran jangan lupa untuk mengklik Lihat Nomor Rekening dan lakukan pembayaran dengan virtual account BNI.
  15. Periksa status transaksi Anda secara berkala di menu transaksi
  16. Jika SIM telah diterima, isi indeks kepuasan pelanggan
  17. Transaksi perpanjangan SIM selesai dan SIM baru akan terdigitalisasi setelah Anda mengklik tombol perbarui.
Baca Juga:   Hasil Liga Champions PSG Vs Newcastle United

Berdasarkan pengalaman detikOto, prosesnya terbilang singkat. Adapun yang cukup memakan waktu adalah tes psikologi secara online. Tak cuma itu, perlu juga diperhatikan resolusi foto harus sesuai yaitu 480 x 640 pixel saat menginput data. Bila resolusinya lebih besar atau lebih kecil, ini akan menghambat dalam proses perpanjangan online dan sering berakhir gagal. Pastikan juga foto memiliki latar belakang biru.

Proses pengiriman SIM yang kami alami memakan waktu sekitar 7 hari hingga sampai di rumah. Untuk itu disarankan kamu bisa memperpanjang SIM setidaknya satu bulan sebelumnya guna mencegah hal yang tak diinginkan. Perlu diketahui, SIM dapat diperpanjang dari 90 hari sebelum tanggal masa berlakunya habis. SIM yang sudah habis masa berlaku tidak dapat diperpanjang dan harus membuat baru.

Baca Juga:   Kuliah Online S1 Akuntansi Di Jakarta Barat

Biaya Perpanjang SIM Online

Saat perpanjangan SIM C, total biaya yang kami keluarkan sebesar Rp 144.001. Biaya itu terdiri dari PNBP SIM sebesar Rp 75.000, biaya layanan (melalui aplikasi) sebesar Rp 10.000, biaya pengiriman dan pengemasan (Express) sebesar Rp 31.501, dan tes psikologi Rp 37.500.

Loading

Berikan Komentar Anda