Viral Penampakan Megahnya Masjid dan Gereja di Kedalaman 1.760 Meter

Media sosial kembali dihebohkan sebuah video menampilkan sebuah penampakan masjid dan gereja berada dalam satu tempat. Menariknya, masjid ini berada di tempat tak biasa yaitu di kedalaman 1760 perut bumi. Lantas, di manakah Anda bisa menemukan tempat beribadah tersebut?

Masjid dan Gereja di Perut Bumi

Diketahui dari unggahan akun Instagram @abouthetic ini memperlihatkan penampakan masjid dan gereja berada di satu lokasi. Kedua tempat ibadah itu berada saling bersampingan. Itulah salah satu fasilitas yang disediakan PT Freeport di Papua bagi karyawannya yang bekerja di sana.

Demi memenuhi kebutuhan rohani karyawannya, PT Freeport membuat tempat ibadah tersebut untuk para karyawannya. Hal ini sengaja dilakukan mengingat efisiensi waktu antara bekerja dan ibadah, maka dibangunlah sebuah masjid dan gereja di perut bumi dengan kedalaman 1.760 meter di bawah tanah area pertambangan Tembagapura, Timika, Papua.

Baca Juga:   Viral Camilan Es Batu Panggang yang Dibumbui Mirip Barbeque

Setelah jadi masjid tersebut dinamai Masjid Baabul Munawwar. Masjid Baabul Munawwar adalah sebuah masjid yang dibangun pada kedalaman 1.760 meter di bawah permukaan bumi di daerah pertambangan PT Freeport Papua.

Mesjid ini mampu menampung 250 jemaah ini diresmikan pada bulan Juni 2016 yang ditandatangani oleh Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Fransen G. Siahaan. Menariknya, tidak hanya ada bangunan tempat ibadah umat Muslim tapi sebelah kanan masjid bersebelahan dengan gereja Oikumene Soteria.

Keberadaan dua tempat ibadah itu memang sengaja berdampingan, agar sebagai wujud toleransi agama walaupun keberadaannya berada di perut bumi. Dan juga agar para pekerja umat Muslim maupun Nasrani dapat melaksanakan ibadah.

Baca Juga:   Harga dan Spesifikasi Pesawat Boeing 737-800 NG Bekas yang Dibeli oleh Polri: Detail Lengkap Pembelian dan Keunggulan Teknisnya

Menurut keterangan salah satu sumber, pembuatan masjid Baabul Munawwar diarsiteki oleh Alexander Mone yang merupakan alumnus Bina Nusantara. Bahkan pembangunan kedua tempat ibadah ini sudah mendapatkan piagam rekor dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai masjid dan gereja terdalam di Indonesia bahkan dunia

Reaksi warganet

Sontak saja unggahan video yang dibagikan ulang oleh akun @abouthetic ini pun sukses menyita perhatian warganet di media sosial.

“Real nya di bawah tanah ada kehidupan,” tulis warganet.

“Ma sya Allah keren ya ….gmn ya tinggal d situ,” tulis lainnya.

“semoga bisa shalat disana and kerja disana aamiin,” tulis lainnya.

“buat kaum pembid’ah garis keras, pikirin tuh gimana fiqihnya! “Jika Nabi tdk melakukannya, maka amalannya tertolak,” terang lainnnya.

Baca Juga:   Hanya Punya 5 Murid SD Negeri di Pringsewu Terancam Ditutup

“Ini kalo ada gempa gmna ya? Ngeri dluan,” tulis lainnya.

“Impian bnget pengen ke sini…Mau safar ke sini Ya Allah….tmpt kedua setelah Baitullah,” terang lainnya.

“Bismillahirrahmanirrahim semoga Allah Ridhoi.. Aamiin Allahumma Aamiin,” tulis lainnya.

Loading

Berikan Komentar Anda