Viral Pembelian Motor Baru dengan Pembayaran Tunai, Yamaha Angkat Bicara Terkait Biaya Tambahan Rp1 Juta

Viral pembelian motor Yamaha secara tunai dikenai uang tambahan. Mahar untuk mendapatkan unit baru Yamaha tersebut diduga dilakukan oleh tenaga penjual sebagai dalih biaya administrasi.

Seperti yang terungkap dalam postingan salah satu akun Twitter bernama txtdarionlshop. Dalam akun ini memperlihatkan tangkapan gambar berupa percakapan lewat pesan singkat disebut antara konsumen dan tenaga penjual.

Percakapan itu untuk pembelian tunai model Yamaha Aerox varian standar terdapat biaya tambahan Rp1 juta, sementara varian Cyber dan ABS Rp2 juta. Namun, cerita soal oknum dealer meminta biaya lainuntuk pembelian motor Yamaha secara tunai tidak hanya sekadar informasi dunia maya.

Seorang pelanggan Yamaha asal Ciputat dengan inisial AP mengaku mengalami hal serupa sehingga ditagih biaya administrasi.

Baca Juga:   Viral Pesta Pernikahan Mewah Crazy Rich Surabaya Kasih Souvenir Hermes

Ia mengaku dibebani biaya tambahan sebesar Rp1 juta, di luar harga On The Road (OTR) yang ditebus Rp33,375 juta. Motor Yamaha yang ia beli dengan pembayaran tunai adalah Nmax Connected.

“Biaya administrasi katanya. Iya (diminta Rp1 juta), tapi yang Rp1 juta gak ada kuitansinya,” kata sumber tersebut sembari menyodorkan kuitansi pembelian Yamaha Nmax Connected pada 2022 mengutip detik, Senin (3/7).

Respons Yamaha Indonesia

Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relation PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) buka suara terkait hal tersebut. Namun tidak membenarkan atau membantah adanya praktik ‘nakal’ pada bisnis retail perusahaan tersebut.

“Pada dasarnya kami senang sekali konsumen sangat berminat membeli Nmax Connected, dan kami tidak pernah membedakan konsumen yang membeli baik secara tunai maupun kredit. Perlakuannya adalah sama,” ujar Anton.

Baca Juga:   Spesifikasi Toyota Crown Sport yang Baru Saja Meluncur

“Kami anjurkan konsumen bisa menyampaikan minat beli (indent) di Dealer Yamaha dan kami mohon kesabarannya untuk menunggu, karena kami akan berusaha untuk secepatnya mengirimkan unit Nmax kepada konsumen sesuai dengan antrian di masing-masing dealer,” sambungnya lagi.

Menurut Anton, jika ada konsumen yang merasa dipersulit ketika pembelian tunai, sebaiknya memberi informasi secara rinci mulai dari dealer, nama tenaga penjual dan bukti lainnya.

Nanti pihak Yamaha Indonesia akan melakukan penindakan bagi oknum sales tersebut. Kata dia konsumen juga bisa menghubungi Call Center Yamaha di 021-24575555, 021-4618000, atau melalui email [email protected].

“Apabila ada konsumen yang merasa dipersulit dalam hal pembelian, khususnya secara cash oleh ‘oknum’ salesman dealer, laporkan saja kepada kami. Dengan menyertakan bukti nama dealer, salesman, dan lainnya. Akan kami tindak lanjuti,” ucap Anton.

Loading

Berikan Komentar Anda