Tauke Sawit di Jambi Dirampok, Uang Puluhan Juta Berhamburan di Jalan

Tauke sawit bernama Gunawan (27) menjadi korban perampokan saat mengambil uang di bank. Sejumlah uang korban sempat berhamburan usai perampokan itu.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Lintas Jambi-Muara Sabak, Desa Baru, Kecamatan Maro Sebo, Muaro Jambi, Senin (22/4/2024).

Dalam video yang dilihat detikSumbagsel, tampak warga memungut lembaran uang Rp 100 ribu itu di pinggir jalan. Uang itu berhamburan di tengah jalan lintas tersebut.

Warga diketahui membantu korban dalam memungut uangnya yang habis dirampok. Korban juga ikut memungut uang tersebut.

“Tolong! Tolong bantu aku, Pak,” lirih korban.

“Perampokan! perampokan. Uangnya tolong selamatkan, Buk, Pak. Aman, bang, aman (uangnya),” ujar warga yang merekam pasca aksi perampokan itu.

Baca Juga:   Viral Seorang Pria Ancam Penumpang dan Pramugari di Penerbangan Bali-Melbourne

Kapolsek Maro Sebo Iptu Wiwik Utomo mengatakan uang yang dihamburkan pelaku itu sekitar Rp 20 juta. Saat ini, uang tersebut sudah kembali utuh.

“Untuk uang telah kembali dan kurang lebih Rp 20 juta yang dibuyarkan di jalan,” ujarnya, Senin (22/4/2024).

Wiwik mengatakan uang yang coba digasak pelaku berjumlah Rp 250 juta. Pelaku sengaja membuyarkan sebagian uang tersebut ke jalan karena aksinya kepergok warga.

“Uang yang diamankan saat ini yang coba diambil pelaku saat itu Rp 250 juta sengaja dibuyarkan pelaku untuk mengecoh, sekitar Rp 20-an juta sehingga terjadi kerumunan (warga),” jelasnya.

“Pada saat itu banyaknya simpati masyarakat terhadap kita untuk membantu mengambil uang itu untuk diserahkan ke korban,” sambungnya.

Baca Juga:   Kronologi Pesawat Jatuh di Jalan Raya Malaysia, 10 Orang Tewas Termasuk Anggota Dewan Malaysia

Wiwik mengatakan dari perampokan ini pihaknya telah mengamankan 1 dari 2 orang pelaku yakni Suwandi (40) warga Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Pelaku ditangkap karena gagal kabur dari kejaran warga. Sementara rekannya yang diketahui berinisial J berhasil kabur.

“Satu pelaku sudah kami amankan dan satu lagi masih DPO,” jelasnya.

Wiwik menjelaskan sebelum kejadian korban baru saja menarik uang dari bank di Kota Jambi dan hendak pulang ke rumah di Muara Sabak, Tanjab Timur. Korban menarik uang Rp 250 juta yang disimpan di bawah kursi jok depan penumpang.

Dua pelaku diduga sudah mengintai korban sejak dari bank. Terbukti, saat korban istirahat makan siang korban langsung melancarkan aksinya.

Baca Juga:   Emak-Emak Nekat Buka Pembatas Jalan Di Tol Indralaya Prabumulih

“Saat di rumah makan korban mendengar suara teriakan ‘maling-maling’, kemudian korban melihat ke arah mobilnya dan terlihat pelaku sudah masuk di dalam mobil,” terangnya.

Pelaku Suwandi menjadi eksekutor memecah kaca mobil untuk menggasak uang korban. Sedangkan, satu pelaku lain berinisial J menunggu temannya di seberang jalan menggunakan sepeda motor.

Mendengar teriakan warga, pelaku berupaya keluar melarikan diri sambil membawa beberapa gepok uang. Pelaku Suwandi lalu dikejar dan ditangkap warga.

“Mendapat informasi adanya pencurian, Tim Opsnal Polsek Maro Sebo langsung ke lokasi dan mengamankan pelaku untuk diproses lebih lanjut,” katanya.

Loading

Berikan Komentar Anda