Staf dan Penjaga Mogok Kerja Menara Eiffel Tutup Sementara, Turis Kecewa

Karena aksi mogok pekerja, menara Eiffel di Paris yang menjadi salah satu tujuan wisata utama di ibukota Prancis tutup hari Rabu (27/12). Banyak turis yang kaget dan kecewa tidak bisa memasuki menara terkenal itu.

Para pekerja di Menara Eiffel sengaja memilih hari bersejarah untuk melancarkan aksi mogok mereka, yaitu tepat pada peringatan 100 tahun kematian perancang menara itu, Gustave Eiffel, yang meninggal 27 Desember 1923.

Menara Eiffel ditutup untuk umum sampai pemberitahuan lebih lanjut, setelah kegagalan negosiasi kontrak antara para pekerja dengan pihak pengelola. Pemogokan tersebut diumumkan menjelang negosiasi kontrak dengan pemerintah kota Paris, pemilik monumen terkenal berusia 134 tahun itu.

Perwakilan serikat pekerja tidak segera menanggapi untuk dimintai komentar, dan tidak jelas berapa lama pemogokan akan berlangsung. Wisatawan masih dapat mengakses lapangan terbuka di bawah menara, namun akses ke landmark setinggi 300 meter itu sendiri ditutup, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Baca Juga:   Viral! Instruktur Aerobik Cantik Berusia 60 Tahun Kerja di 5 Gym

Menara Eiffel di Paris adalah salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di dunia, dan biasanya dibuka 365 hari setahun. Menara ini juga akan menjadi simbol penting pada penyelenggaraan Olimpiade Paris musim panas tahun 2024.

Turis kecewa tidak bisa masuk

Sambil berdiri di bawah menara ikonis itu, turis Belanda Istvan Harman bersikap pragmatis dan hanya mengatakan, ”Anda harus pergi ke tempat lain.” Namun bagi keluarga Fontaine, ini sangat mengecewakan. “Ini pertama kalinya kami ke Paris bersama anak-anak, dan ini merupakan kegiatan pertama dalam program kami. Jadi kami sangat kecewa melihat Menara Eiffel ditutup hari ini,” kata ibu Emma Fontaine.

Serikat pekerja mengatakan, 400 pekerja menara khawatir dengan prospek jangka panjang monumen tersebut. ”Kami mengalami COVID. Kami kehilangan pendapatan selama satu tahun. Kami mempunyai utang yang sangat besar,” kata Stephane Dieu dari serikat pekerja CGT kepada kantor berita Associated Press (AP). ”Menara ini berusia lebih dari 130 tahun dan mulai lelah. Ada banyak pekerjaan renovasi yang perlu dilakukan dalam beberapa tahun dan dekade mendatang,” tambahnya.

Baca Juga:   Toyota Alphard dan Vellfire Generasi Terbaru Resmi Diluncurkan dengan Harga Mulai Rp 560 Jutaan

Dia mengatakan pemogokan itu adalah ”tindakan simbolis pada hari simbolis, untuk memperingati hari kematian Eiffel dan untuk melestarikan karyanya.”

Dibangun mulai tahun 1887

Atraksi wisata utama di ibukota Prancis ini biasanya dikunjungi sekitar 20.000 pengunjung per hari sepanjang tahun 2023 ini, kata juru bicara menajemen perusahaan pengelola Menara Eiffel, SETE, yang menolak menyebutkan namanya sesuai dengan kebijakan manajemen menara.

“Tetapi pertunjukan musik khusus memperingati kematian Gustave Eiffel pada 27 Desember 1923 masih tetap ditayangkan di jejaring sosial dan di televisi Prancis pada hari Rabu malam karena sudah direkam sebelumnya”, katanya.

Menara Eiffel dibangun antara tahun 1887 dan 1889 untuk merayakan seratus tahun dimulainya Revolusi Perancis. Ketika diresmikan, Eiffel adalah Menara tertinggi di dunia.

Loading

Berikan Komentar Anda