Skor Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan di pertandingan ketiga grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Berhadapan dengan Timnas Vietnam, Skuat Garuda menang dengan skor tipis 1-0.

Timnas Indonesia berhasil unggul di laga ini berkat gol Egy Maulana Vikri di awal babak kedua.

Berkat kemenangan ini Timnas Indonesia naik ke peringkat dua klasemen sementara grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sementara Vietnam harus rela turun ke peringkat tiga.

Babak Pertama

Berstatus sebagai tim tamu tidak membuat Timnas Vietnam jiper di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). The Golden Star tampil menekan sejak awal pertandingan.

Peluang berbahaya pertama di laga ini dibuat Vietnam melalui skema tendangan bebas namun Adi Satryo sukses menepis peluang tersebut.

Baca Juga:   Program S2 Magister Psikologi Universitas Indonesia (UI) Jakarta

Timnas Indonesia di lain sisi terlihat kagok di 15 menit pertama. Skuat Garuda sulit untuk mengembangkan permainan, di mana banyak umpan-umpan Indonesia yang tidak menemui sasaran.

Peluang tepat sasaran pertama Indonesia baru tercipta di menit ke-32 melalui tembakan Rafael Struick namun bola bisa ditangkap dengan mudah oleh Filip Nguyen.

Di sisa babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Namun skor 0-0 tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong membuat tiga pergantian pemain. Nathan Tjoe-A-On, Yakob Sayuri dan Hokky Caraka ditarik dan digantikan Sandy Walsh, Pratama Arhan dan Egy Maulana Vikri.

Masuknya tiga pemain ini mengubah dinamika permainan Indonesia. Skuat Garuda jadi lebih aktif dalam menyerang, dan hasilnya di menit ke-52 Indonesia berhasil memecah kebuntuan.

Baca Juga:   Pendaftaran Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung

Berawalan dari lemparan ke dalam dari Pratama Arhan, bola yang masuk ke kotak penalti coba dihalau oleh bek Vietnam. Apesnya, bola sapuan itu malah jatuh ke kaki Egy, dan penyerang Timnas Indonesia itu tanpa kesulitan menyambar bola menjadi gol. Indonesia unggul 1-0 atas sang tamu.

Gol tersebut membuat Indonesia semakin percaya diri. Serangan demi serangan dilancarkan skuat Garuda ke gawang Vietnam, sementara The Golden Star lebih memanfaatkan serangan balik.

Tensi pertandingan semakin memanas. Kedua tim tidak sungkan-sungkan mengeluarkan tekel-tekel keras untuk menghentikan serangan lawan.

Di masa injury time, Indonesia nyaris menggandakan keunggulan menjadi 2-0 berkat sepakat Egy di depan mulut gawang. Namun kali ini Filip Nguyen berhasil menepis bola sehingga peluang itu gagal berbuah menjadi gol.

Baca Juga:   Program S2 Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta

Jual beli serangan berlanjut, namun skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain Kedua Tim

Timnas Indonesia (3-5-2): Adi Satryo; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri; Rafael Struick, Hokky Caraka

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Vietnam (3-5-2): Nguyen Filip; Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh; Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son; Nham Manh Dung, Nguyen Dinh Bac

Pelatih: Philippe Trousier

Loading

Berikan Komentar Anda