RM Ibu Murni yang Pelayanannya Bintang Lima! Viral di Tiktok

Terbaru.news – Pelayanan layaknya di restoran bintang lima bisa didapat di rumah makan sederhana di Bandung ini. Namanya RM Ibu Murni yang jadi perbincangan di TikTok. Seperti apa ya pengalaman bersantap di sana?

RM Ibu Murni viral di TikTok usai seorang warganet mengabadikan pengalamannya makan di sana. Videonya sudah ditonton lebih dari 1 juta orang.

“Pedagang teramah seumur hidup! Hotel bintang 7 mah kalah,” tulis @nomaddelia dalam unggahan videonya yang viral. Dalam video itu, nampak ia hendak membayar makanan namun diajak mengobrol dengan asyik oleh penjual nasi ini.

RM Ibu Murni berlokasi di tepi Jalan Kiara Condong, Batununggal, Bandung, tepatnya dekat perempatan lampu merah. Tim detikJabar yang penasaran putuskan sarapan di sini.

Begitu masuk, sayup-sayup terdengar lagu Unchained Melody yang dibawakan oleh Matt Monro, penyanyi Inggris yang dikenal dengan julukan “The Man with the Golden Voice”. Tak lama, seorang laki-laki dengan tubuhnya yang kurus bergegas menyambut kedatangan saya yang sudah keroncongan.

“Silahkan Neng, ambil sendiri. Mau makan apa?,” ujarnya dengan senyuman lebar seraya mempersilahkan.

RM Ibu Murni punya pilihan menu yang sangat lengkap. Salah satu yang terfavorit ayam goreng crispy. Sebelum duduk, saya ditawari apakah lauk ingin dipanaskan atau tidak. Setelah duduk, saya langsung disuguhi segelas teh tawar hangat.

Rasanya suasana hati saya hari itu sangat tenang. Di tengah rasa lapar, saya datang ke rumah makan kecil yang pelayanannya bagaikan restoran bintang lima. Ditambah lagi, alunan lagu Yesterday yang dibawakan oleh Matt Monro semakin membuat hati sejuk.

Baca Juga:   EP Tyres Goes to Campus 2016

Saat makan, saya bahkan dipersilahkan untuk menambah nasi jika kurang. Saat minum saya habis, teh tawar kembali diisi ulang oleh bapak penjual nasi tersebut.

RM Ibu Murni sudah ada sejak 28 tahun lalu

Warung nasi ini rupanya dimiliki oleh dua bersaudara, Sopiyan dan Aa’ Gondrong, sejak tahun 1995. Sopiyan merintis bisnis warung nasi berbekal resep masakan rumahan sang ibu.

Sang kakak yang mendadak viral ini punya panggilan khusus yakni Aa’ Gondrong, sebab belasan tahun yang lalu ia melayani pembeli dengan rambutnya yang gondrong.

“Dulu di daerah sini kan banyak mahasiswa, dari Uninus, Stisi, nah yang sudah langganan ke sini itu kalau panggil Aa’ Gondrong. Karena udah tua aja jadi potong rambut, tapi panggilannya masih Aa’ Gondrong,” cerita pria berumur 51 tahun tersebut sembari tertawa.

Sopiyan, sang adik, mengaku banyak pembeli berdatangan karena viral di TikTok. Ia tak menyangka, pelayanan mereka banjir ratusan ribu pujian di kolom komentar.

“Alhamdulillah, itu bahkan kami sudah dua kali dimasukin Tiktok teh. Padahal sebetulnya bukan sengaja atau apa, emang karakter bawaan santai. Yang penting konsumen enak dan perut kenyang, enggak dibuat-buat kami melayani dengan sepuasnya,” aku Sopiyan yang lebih muda lima tahun dari sang kakak.

Baca Juga:   Jelang Sidang Tahunan Gedung DPR Dijaga Ketat Paspampres

Bukan hanya keramahan yang ditawarkan. Seolah tak takut rugi, keduanya tak pernah ragu memberi refill minum dan nasi dengan cuma-cuma. Harga lauknya pun tidaklah mahal, setara warung nasi biasa di kisaran harga Rp 3.000-35.000.

Menu makannya warung ini sejak puluhan tahun lalu masih sama. Menu andalannya yakni ayam bakar, ayam goreng crispy, dan bebek goreng. Rasa masakannya jangan ditanya. Ayam crispy yang saya pesan punya rasa yang gurih, sedikit pedas lada, daging yang empuk, semua beradu di mulut. Tak heran jika warung ini jadi langganan banyak orang.

“Padahal menunya dari dulu juga masih sama. Sampai sekarang juga akan meneruskan menu makanan yang sama. Alhamdulillah juga berkat TikTok itu tambah banyak yang beli. Ada yang dari Tangerang, Jakarta, kesini taunya dari TikTok,” cerita Sopiyan dengan sumringah.

“Langganan juga udah banyak alhamdulillah, dari dulu jadi langganan Pengadilan Negeri Bandung. Terus pernah Almarhum Deddy Dores kesini, Almarhum Aa Jimmy, Almarhum Mang Oded, Alam penyanyi dangdut selalu pake topi kesini pesen bebek. Tapi nggak berani difoto terus diposting karena takut nggak nyaman kalau dipajang. Siapa tahu enggak berkenan,” kenangnya.

Makan diiringi alunan musik era 1940-1960an

Nyentriknya lagi, di RM Ibu Murni setiap siang diputarkan lagu-lagu era ’40-’60 an. Pada dinding warung pun berhias poster-poster The Beatles.

“Bukannya sombong ya neng, si Om (Aa’ Gondrong) itu kolektor, penikmat musik Barat. Musik era 1970 ke bawah, si Om punya semua fisik CD aslinya. Kalau yang di warung ini putar pakai mp3. Volumenya nggak terlalu keras, takut ada yang kurang suka atau keganggu gitu,” cerita Aa’ Gondrong dengan bersemangat.

Baca Juga:   Fakta Maskapai Japan Airlines Tabrakan dengan Pesawat Penjaga Pantai hingga Terbakar di Landasan Haneda

Jika detikers berbincang soal musik jaman dulu dengan Aa’ Gondrong, ia akan siap menjelaskan panjang lebar tentang kecintaannya pada musik Barat.

“Tapi sejauh ini belum pernah ada yang nggak suka terus minta dimatiin. Banyaknya malah minta dikencengin volumenya. Karena ya menurut Om musik barat era ’70 ke bawah itu elegan,” ucapnya.

Ia pun memberikan pada saya banyak referensi untuk didengarkan. Salah satunya penyanyi Nat King Cole. Ia juga tak segan menyanyikan lagu My Way yang sedang diputar. Lagu tersebut dibawakan kembali oleh Matt Monro.

“Nat King Cole, Matt Monro, menurut saya itu orang-orang hebat. Nah kalau ini, Walk Away. Ada My Way, ada Walk Away, ‘Walk away, walk away. Don’t even stop to look around..’,” cerita Aa’ Gondrong sembari mengencangkan volume saat Matt Monro menyanyikan lagu Walk Away.

Makan siang kali ini tak terasa membosankan. Justru terasa asyik dan berkesan setelah berbagi cerita soal musik Barat bersama sang pedagang warung nasi.

Kini, ada satu lagi tempat makan bintang lima yang bisa jadi tujuan. Bukan karena fasilitasnya, tapi pelayanannya yang berkesan.

 

sumber: food.detik.com

Loading

Berikan Komentar Anda