Rute Penerbangan Terpendek ada di Indonesia Cuma 73 Detik

Siapa sangka, Indonesia memiliki penerbangan terpendek kedua di dunia, sekaligus yang terpendek di negara ini. Penerbangan paling pendek di Indonesia ini hanya memakan waktu 73 detik!

Dengan waktu 73 detik, jarak penerbangan yang ditempuh oleh pesawat sendiri adalah 2 kilometer. Penasaran kan di mana tepatnya lokasi penerbangan terpendek di Indonesia tersebut?

Jawabannya adalah di Papua. Penerbangan terpendek di Indonesia ini juga tidak terlepas dari karakter daratan di Papua. Pulau Papua dikenal dengan lembah yang curam dan dalam serta pegunungan tinggi.

Penerbangan terpendek Indonesia ini adalah rute dari dua desa yakni Desa Kegata dan Desa Apowo yang berjarak hanya 2 kilometer. Kendati kedua desa itu cuma berjarak 2 kilometer, tapi wilayahnya terpisahkan oleh lembah yang curam dan dalam.

Baca Juga:   Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul Gelar Kuliah Umum “Virus Zika, Epidemiologi dan Penanggulangannya”

Perlu menggunakan pesawat terbang untuk menempuh perjalanan antar kedua desa ini. Karena jaraknya yang pendek, otomatis waktu tempuhnya pun begitu singkat.

Penerbangan ini disediakan oleh Pilatus Porter. Selama penerbangan ini, penumpang bakal disuguhi pemandangan mengagumkan khas alam Papua.

Fakta tentang penerbangan terpendek di Indonesia ini diunggah oleh akun media sosial Instagram Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @kemenparekraf pada Rabu (24/1). Tapi, tidak disebutkan jadwal penerbangan dan berapa tarifnya.

Penerbangan rute Desa Kegata dan Desa Apowo, Papua, menjadi paling pendek kedua di dunia, setelah rute penerbangan Pulau Westrey ke Pulau Papa Westray di Skotlandia, yang memakan waktu 47 detik saja.

Loading

Berikan Komentar Anda