Pendaftaran Rekrutmen BUMN Dibuka Hari Ini, Ini Syaratnya Bagi Calon Pelamar!

Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN resmi dibuka hari ini, Jumat (5/5). Jangan lupa lengkapi syarat pendaftaran yang telah ditetapkan jika ingin berkantor di kementerian pimpinan Erick Thohir.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah mengumumkan dari jauh-hauh hari soal rekrutmen ini. Ia mengajak kaum milenial dan gen-z untuk mendaftar.

“Rekrutmen Bersama BUMN kembali lagi tahun ini! Kabar baik untuk kalian semua, milenial dan gen-z yang ingin bergabung menjadi keluarga besar BUMN. Catat tanggalnya, persiapkan diri, dan jangan lupa minta restu orang tua. Good luck!” ujar Erick di akun Instagram resminya.

Dalam unggahan Erick itu, tertera tahapan Rekrutmen Bersama BUMN yang terbagi ke dalam 5 fase. Jangan khawatir jika Anda belum menyiapkan berkas dan persyaratan yang diminta karena tahap registrasi berlangsung hingga 20 Mei nanti.

Baca Juga:   Saat Ini PLN Buka Lowongan Kerja Besar-besaran Bagi Lulusan SMA

Sementara itu, tahap final berupa kelulusan peserta bakal diumumkan pada 16 Agustus 2023, tepat sehari sebelum HUT Kemerdekaan RI yang ke-78.

Syarat daftar Rekrutmen Bersama BUMN

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum melakukan registrasi. Mengutip beberapa persyaratan yang diumumkan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, berikut syarat yang harus dilengkapi:

1. Pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI).
2. Usia maksimal 27 tahun untuk lulusan Diploma III per 1 Desember 2022. Sementara untuk lulusan Diploma IV dan S1 maksimal 30 tahun dan lulusan S2 maksimal 35 tahun pada tanggal yang sama.
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 untuk lulusan perguruan tinggi.
4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba.
6. Memiliki dokumen Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian.
7. Memiliki sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
8. Memiliki rekomendasi komunitas untuk pelamar yang berprestasi di bidang olahraga, seni, digital creator, dan start-up apabila ada.

Baca Juga:   Jadwal Pendaftaran Universitas Islam Jakarta (UID) 2024/2025

Cara daftar Rekrutmen Bersama BUMN

Pendaftaran bisa diakses langsung di situs resmi FHCI, yakni rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Namun, saat ini situs tersebut masih sulit diakses.

FHCI BUMN mewanti-wanti calon pendaftar agar tak tertipu selama proses rekrutmen. Semua informasi terkait rekrutmen bisa dicek melalui Instagram resmi FHCI dan Kementerian BUMN.

“Waspada penipuan! Informasi RBB 2023 hanya melalui akun official Instagram @kementerianbumn dan @fhci.bumn,” tulis FHCI BUMN di Instagram.

Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

1. Registrasi
Meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN dilakukan pada 5-20 Mei 2023. Pengumuman tahap ini dilakukan pada 1 Juni 2023.

2. Tes TKD dan Akhlak
Dengan pembobotan TKD (40 persen) dan akhlak (60 persen). Tes ini dilakukan pada 10-19 Juni 2023 dan diumumkan 28 Juni 2023.

Baca Juga:   Jadwal Pendaftaran Universitas Islam 45 Bekasi (UNISMA) 2024/2025

3. Tes Bahasa Inggris
Threshold >450 dan ranking sesuai ratio. Tes berlangsung pada 8-12 Juli 2023 dan diumumkan pada 19 Juli 2023.

4. Tes oleh BUMN
Tes akan dilakukan pada 22 Juli 2023-9 Agustus 2023 dengan rincian:
– Tes Kompetensi Bidang
– User interview
– Sosmed Analytic & Digital
– Mindset
– MCU

5. Pengumuman Final
Pengumuman berdasarkan hasil kelulusan tes oleh BUMN yang diinput melalui sistem akan dilakukan pada 16 Agustus 2023.

Loading

Berikan Komentar Anda