Mobil Honda di Indonesia Tidak Bisa Konsumsi Pertamax Green 95

Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan mobil-mobil bermesin bensin Honda yang dijual di Indonesia tidak cocok memakai bahan bakar minyak (BBM) bioetanol, yang berarti tidak bisa menggunakan Pertamax Green 95.

Pertamax Green 95 adalah BBM baru dari Pertamina yang merupakan campuran ekstraksi tebu dan Pertamax. BBM ini rencananya dirilis Pertamina pada Juli 2023.

“Saat ini mesin Honda yang dipasarkan di sini memang tidak dirancang spesifik untuk bioetanol,” kata Yusak Billy, Sales & Marketing and Aftersales Director Honda Prospect Motor (HPM) beberapa waktu lalu.

HPM saat ini menjual 11 mobil bensin, yaitu Brio, HR-V, BR-V, WR-V, City Hatchback, Civic, Civic Type R, CR-V, City, Mobilio dan Accord.

Baca Juga:   Honda Super Cub C125 Dilengkapi Fitur Keyless hingga Mesin Injeksi, Ternyata Harganya Fantastis

Menurut Billy perusahaan juga belum mempunyai rencana menghadirkan mobil yang spesifik menggunakan bioetanol. Meski begitu, Billy menjamin Honda berkomitmen mengembangkan mobil rendah emisi sembari mempersiapkan transisi ke mobil listrik berbasis baterai.

“Lalu arahan Honda saat ini adalah membuat mesin bensin yang lebih hemat bahan bakar dan rendah emisi karbon sambil melakukan transisi menuju elektrifikasi dengan mesin hybrid sampai full battery ke depannya,” ucap Billy.

Billy mengatakan perusahaan akan memantau perkembangan bahan bakar nabati tersebut setelah nantinya resmi dihadirkan di Tanah Air.

Ia menambahkan secara global Honda juga tak ketinggalan dari merek otomotif lain karena memiliki sejumlah produk yang sudah bisa meneguk bioetanol.

Baca Juga:   Honda Luncurkan Motor Listrik Terbaru dengan Harga Terjangkau, Mampu Menempuh Jarak 95 Km

Pertamax Green 95 rencananya bakal diluncurkan bulan ini, banderol resminya belum diumumkan tetapi sudah diungkap bakal di kisaran BBM sekelas RON 95 yaitu Rp13 ribuan.

Pertamax Green 95 merupakan BBM yang dibuat dari campuran Pertamax RON 92 dengan etanol 5 persen. Etanol itu berasal dari bahan nabati molases tebu.

Keuntungan penggunaan BBM jenis bioetanol dianggap bisa mengurangi emisi gas karbon dioksida dan dapat meningkatkan kadar oktan jika dicampur ke produk BBM.

Loading

Berikan Komentar Anda