Mahasiswa Ingin Wirausaha Sambil Kuliah? Simak Tips Alumni IPB

ilustrasi peluang bisnis digital

Kuliah dari rumah selama pandemi Covid-19 membuat mahasiswa kini memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan diri, termasuk bila ingin memulai bisnis dan menjadi wirausaha.

Menurut CEO PT Agro Apis Palacio Urip P Sujarnoko yang merupakan alumni IPB, pengetahuan yang didapat selama kuliah dapat lebih bermakna bila diterapkan dalam berwirausaha.

Dalam webinar Alumni Insight bertajuk “Break Your Limit” yang digelar Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni (DKHA) bekerja sama dengan Himpunan Alumni IPB University, Urip berbagi tentang cara harmonisasi antara kuliah dan kegiatan entrepreneur.

“Masih banyak mahasiswa yang membenturkan antara kuliah dengan wirausaha. Di samping itu, banyak juga mahasiswa yang mempermasalahkan modal uang dan keahlian,” terangnya seperti dirangkum dari laman IPB University.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Universitas Muhammadiyah Semarang 2024/2025

Ia menyebutkan bahwa hal tersebut bukanlah permasalahan utama, namun ketidakpunyaan visi dan misi yang paling berperan.

Menurutnya, keberanian juga modal penting dalam berwirausaha. Tentunya dengan didampingi dengan perhitungan yang tepat.

“Banyak perusahaan yang gagal dan mengalami kebangkrutan maupun stagnansi karena kurang berpikir sistematis. Pengusaha juga tidak boleh mengikuti aliran angin, namun harus memiliki arah dan tujuan yang jelas,” tambahnya.

Alumnus IPB University dari Fakultas Peternakan itu pun berkisah mengenai pengalamannya selama berkecimpung di perusahaan yang bergerak di bidang pakan ternak, pengolahan limbah non B3 (bahan berbahaya dan beracun), dan domba.

Ia memulai bisnisnya tersebut amat dini, yaitu ketika ia masih berkuliah pada semester lima di tahun 2010. Semangat berwirausaha tersebut ia dapatkan atas kecintaannya di bidang peternakan.

Baca Juga:   PROGRAM BEASISWA S2 KEMENPPORA TAHUN 2018

Ia menyebut, sebagai pengusaha harus siap bekerja lebih keras bila ingin mencapai cita-cita.

Modalnya, jelas dia, bukan hanya uang namun juga pemikiran kreatif terutama di era digital seperti saat ini. Tidak hanya itu, memiliki pertemanan yang luas juga penting untuk menggali informasi dan data yang berguna dalam pengambilan kesimpulan.

“Kita harus mulai memiliki mimpi yang besar, visi yang besar, dan harus diimbangi dengan kerja keras. Karena banyak dari kita hanya bermimpi, namun malas untuk melakukan,” ungkapnya.

Ia mengatakan bila usaha keras tidak akan mengkhianati hasil. Calon pengusaha harus yakin dan bersikap optimis, walaupun kadang terjadi kegagalan.

Ilmu yang didapat semasa kuliah akan berkontribusi besar dalam berwirausaha. Sehingga berkuliah tidaklah hanya untuk mendapatkan sekedar ijazah ataupun gelar.

Loading

Berikan Komentar Anda