Kocaknya Foto Komeng di Kertas Suara Pemilu, Ini Alasannya

Alfiansyah Bustami alias Komeng mendadak menyita perhatian warga di Pemilu 2024. Pasalnya, ia yang maju sebagai calon anggota DPD RI dari Jabar menggunakan foto yang nyeleneh di kertas suara.

Dalam berbagai postingan di media sosial, menyebar foto kertas suara DPD yang menampilkan foto Komeng. Namun jika dilihat, foto Komeng berbeda dari foto calon anggota lain.

Jika calon anggota lainnya menggunakan foto berpenampilan formal dengan balutan jas dan dasi, Komeng justru menampilkan foto dengan wajah yang kocak, dengan ekspresi yang menarik perhatian. Komeng dalam fotonya juga memiringkan kepala dengan mata melotot.

Kata Komeng soal Foto Nyeleneh

Komeng mengaku sengaja menggunakan foto nyeleneh tersebut. Apalagi tidak ada larangan penggunaan foto dengan gaya seperti itu. Pria bernama asli Alfiansyah tersebut juga menegaskan bahwa gayanya itu antimainstream. Komeng juga menyukai foto nyelenehnya itu.

“Itu kan suratnya nggak bersuara, makanya ane bikin bersuara. Ya ane demen saja, anti mainstream, nggak sama kayak orang lain,” ujar Komeng saat dihubungi, Rabu (14/2/2024) seperti dikutip dari detikHot.

Baca Juga:   VIRAL Surat Suara Caleg di TPS Dicoret coret, Sempat Tulisi Tulisan 'Koruptor Semua Cape Asli'

Lebih lanjut Komeng menegaskan bahwa fotonya itu bukan salah satu cara untuk mendapatkan banyak suara dari publik. Komeng hanya ingin tampil beda dan menghibur.

“Tujuan ke situ sih nggak ada. Memang saya pada dasarnya, kalau konsep ngelawak saja suka. Pengin sesuatu yang baru,” tutur Komeng.

Komeng juga menceritakan awal mula mendaftarkan diri dengan foto nyelenehnya. Ia tak mendapat larangan itu, dan akhirnya setuju menggunakan foto tersebut.

“Kan ada tuh yang waktu awal-awal, kita harus kirim foto biasa. Terus, masuk ke yang tetap, dari DCS ke DCT, minta foto buat administrasi, foto buat surat suara belum. Setelah ditetapkan, baru minta foto buat surat suara,” jelas Komeng.

“Kalau KPU Jabar, menyarankan pakai baju daerah, boleh juga pakai yang membuat khas diri masing-masing, menurut mereka. Nah, saya bawa foto itu. Nah, dia ketawa. Saya bilang, ‘ini gue melanggar nggak nih? Salah nggak’, ‘nggak sih pak, nggak ada peraturannya kayak begini. Ya sudah, kalau abang begini, nggak masalah’, katanya begitu,” sambung Komeng tertawa.

Baca Juga:   Prabowo-Gibran Resmi Ditetapkan Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Hari Ini

Komeng tercatat sebagai warga Bogor, Jawa Barat. Menurut data pada DCT yang dirilis infopemilu.kpu.go.id, Komeng menyelesaikan masa sekolah SD di Bogor, kemudian sekolah menengah dan atas di Jakarta, lalu menyelesaikan S1 di kampus di Jawa Barat.

Saat memutuskan nyaleg untuk DPD RI dapil Jawa Barat, Komeng mengatakan bahwa dia tak bisa terus mengandalkan satire dalam komedi. Dia harus mewujudkan apa yang satiris selama ini.

“Seniman tuh selalu bersatire, mungkin tidak mempan dengan satire-satire. Apakah dari DPD ini bisa untuk mewujudkan satire tersebut. Saya juga belum tahu karena belum mencoba,” kata Komeng di Kantor KPU Jawa Barat, dilansir detikJabar, Sabtu (13/5/2023).

Sudah Kesepakatan dari Awal

Saat dikonfirmasi, KPU Jawa Barat menyebut, apa yang dilakukan Komeng merupakan strategi marketing. KPU mengatakan, jika foto yang ditampilkan pada kertas suara sudah berdasarkan kesepakatan sebelumnya.

Baca Juga:   VIRAL Foto Komeng di Surat Suara DPD RI, Netizen Uhuuy

“Iya itukan sudah kesepakatan, mereka sepakat, ada dari dulu disetujui dulu. Nggak ada masalah, kemauan sendiri kan sudah disepakati,” kata Koordinator Bidang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar Hedi Ardia, Rabu (14/2/2024).

“Itu bagian dari strategi dia, supaya orang tertarik. Memang kalau dilihat yang paling beda penampilannya ya bapak itu, bapak itu kan minggir-minggir (fotonya),” tutup Hedi.

Unggul di Quick Count

Hingga Selasa 14 Februari 2024 pukul 20.00, dalam hasil hitung cepat dari KPU sementara, Komeng mendapatkan suara 3,793 atau 4,93 persen untuk DPD RI Jabar.

Komeng menggungguli beberapa kandidat dari DPD RI Jabar. Salah satu yang paling dekat dengan Komeng adalah Tedy Giantara dengan perolehan suara 3,521 atau 4,58 persen. Sedangkan Jihan Fahira yang sempat trending namanya di hari ini mendapatkan 1,045 atau 1,36 persen.

Komeng memang mencalonkan diri sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah RI Jabar (DPD) dari jalur independen.

Loading

Berikan Komentar Anda