Kisah Kowad Cantik Archia Febra yang Berenang dari Lampung ke Banten

Kisah prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) bernama Serda Archia Febra Novera yang berhasil menaklukkan Selat Sunda dengan berenang sejauh 39 kilometer sempat mencuri perhatian publik pada tahun 2018 silam.

Saat itu Serda Archia yang bertugas sebagai Anggota Direktorat Keuangan TNI AD (Ditkuad) menjadi satu-satunya perwakilan TNI AD untuk mengikuti lomba renang Selat Sunda yang diselenggarakan Korps Marinir pada Jumat hingga Sabtu 2-3 Maret 2018.

Archia mengatakan, untuk berenang melintasi Selat Sunda dirinya menghabiskan waktu 11 jam 27 menit di atas air. Memori di ingatannya masih melekat ketika memulai aksinya dari Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Bakauheni, Lampung, pada Jumat 2 Maret 2018 sekitar pukul 21.50 WIB.

Baca Juga:   5 Mobil Hot Wheels Termahal 2024, Harga sampai Rp20 Jutaan

“Itu pengalaman yang tidak dapat dilupakan, karena saya rasanya tidak sampai-sampai,” ujar Archia kepada awak media saat itu.

Ketika memulai aksinya, Archia sempat goyah dan emosinya menjadi tidak stabil, pasalnya saat itu tidak melihat daratan akibat gelap gulita. Namun, ia sedikit lega lantaran para peserta dikawal tim SAR yang menumpang di perahu karet.

Singkat cerita, ketika cahaya matahari mulai bersinar, semangat perempuan asal Jember, Jawa Timur ini kembali menggebu. Ia mengaku terpacu untuk mencapai daratan.

“Sekitar subuh, sudah mulai kelihatan bukit, daratan,” ucap dia.

Usaha keras yang dilakukan Arcia akhirnya terbayar saat dirinya menginjakkan kaki di Tanjung Sekong, Merak, Cilegon, Banten sekitar pukul 11.47 WIB.

Baca Juga:   Aksi 'Superman' di Jalan Raya: Pemotor Bawa Barang Banyak Seperti 'Terbang

Keberhasilan Archia ini dipersembahkan untuk orang tua yang selalu mendoakannya serta matra TNI AD tepatnya berdinas.

Selain Archia, ada satu lagi prajurit perempuan yang ikut dalam perlombaan ini, yaitu Serda Ni Luh Putu Meisaningsih dari Lantamal V Surabaya.

Keduanya berhasil menyelesaikan perlombaan di Pantai Tanjung Sekong, Merak, setelah melalui perjalanan sejauh 39 km dari Dermaga Bandar Bakau Jaya.

Loading

Berikan Komentar Anda