KA Probowangi Tabrak mobil di Lumajang, Sebanyak 11 Korban Penumpang Tewas

Sebanyak 11 penumpang mikrobus Isuzu Elf meninggal dunia usai kendaraan yang mereka tumpangi tertabrak KA Probowangi di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/11) malam.

Kronologi kereta tabrak mobil di Lumajang ini terjadi ketika KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya tersebut melaju dari arah timur ke barat.

Pada saat bersamaan minibus dengan Nopol N-7646-T berjalan dari arah selatan ke utara, melintasi lintasan kereta api tanpa palang pintu.

Benturan pun tak terhindarkan. Mobil yang mengangkut belasan penumpang itu kena hantam KA Probowangi yang tengah melaju di jalurnya.

“Masinis sudah membunyikan klakson lokomotif namun tiba-tiba mobil muncul dari arah samping tanpa berhenti terlebih dahulu, tapi langsung menembus dan berada di rel kereta api,” ujar Kasi Humas PT KAI DAOP 9 Anwar Yuli Prasetyo saat dikonfirmasi Minggu (19/11) malam.

Baca Juga:   Lirik Peluang Kerja Sama, Delegasi Jepang Kunjungi IKN

Anwar mengatakan setelah kejadian masinis sempat menghentikan kereta api untuk memeriksa rangkaian. Setelah dipastikan aman, masinis kembali melaju ke stasiun selanjutnya dan melaporkan kejadian di stasiun tersebut.

Berangkat dari laporan tersebut, petugas pun langsung menuju ke lokasi kecelakaan untuk melakukan proses evakuasi.

“Alhamdulillah bangkai mikrobus sudah berhasil dievakuasi menjauh dari rel kereta,” kata Anwar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan, kecelakaan tersebut telah mengakibatkan 11 orang penumpang mikrobus meninggal dunia dan empat orang mengalami luka berat.

Anwar mengatakan perjalanan beberapa kereta api di lokasi kejadian usai kecelakaan tersebut tetap berjalan normal, namun kecepatannya dikurangi karena banyaknya warga yang berada di lokasi kejadian berada di sekitar rel KA.

“Tidak ada perjalanan KA yang terganggu akibat kecelakaan itu, namun KA Probowangi mengalami keterlambatan sekitar 13 menit tiba di sejumlah stasiun tujuan menuju Stasiun Gubeng Surabaya,” ujarnya.

Baca Juga:   Viral: Semua Koper Rombongan Penumpang Pesawat AirAsia Tujuan Bali Tertinggal di Bandung

Ia mengimbau masyarakat berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang terutama perlintasan tidak terjaga atau tanpa palang pintu dan disiplin mematuhi rambu-rambu yang terdapat di perlintasan sebidang.

“Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, kemudian tengok kanan dan kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada sebelum melintas rel kereta api agar kejadian kecelakaan di Lumajang tidak terulang kembali,” imbuhnya.

KA memiliki jalur tersendiri dan tidak dapat berhenti secara tiba-tiba, sehingga pengguna jalan harus mendahulukan perjalanan KA. Seluruh pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang.

“Hal tersebut sesuai UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 dan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 114,” tambahnya.

Baca Juga:   Stasiun Semarang Tawang Banjir, Penumpang Sementara Dialihkan ke Stasiun Poncol

Berikut daftar 11 korban tewas penumpang mobil Elf yang tertabrak KA Probowangi

  1. Tn. Riyono / Babatan, Surabaya
  2. Ny. Yelis agustiana / Dukuh Pakis, Surabaya
  3. Tn. Gatot hari cahyono / Gubeng, Surabaya
  4. Tn. Nur Muhamad/ Karang Pilang, Surabaya
  5. Ny. Sunarti / Pakis, Surabaya
  6. Ny. Sri Rahayu/ Simom Mulyo Baru, Surabaya
  7. Tn. Edi Sugianto/ 57 Thn/ Pakis Gunung Sawahan, Surabaya
  8. Ny. Titik ristianti/ 55 Thn/ Putat Jaya C Timur, Surabaya
  9. Tn. Suyono / 55 Thn/ Tandes, Surabaya
  10. Belum teridentifikasi
  11. Belum teridentifikasi

Data 4 korban luka berat:

  1. Tn. Warsito / 60 Thn / Banyu Urip Wetan, Sawahan, Surabaya
  2. Tn. Bayu Trinanto /58 Thn/ Kembang Kuning Kulon Sawahan, Surabaya.
  3. Ny. Ardhika / 57 Thn/ Perumahan Grand Hasanah, Surabaya
  4. Cucu dari Ny. Sri Rahayu / -/+ 8 Thn/ Simo Mulyo Baru, Surabaya.

Loading

Berikan Komentar Anda