Ini 15 Kampus Kuliah Online Untuk Karyawan

Bersama ini kami sampaikan informasi tentang Ini 15 Kampus Kuliah Online Untuk Karyawan sebagai berikut:

Sejak masa pandemi ini, seluruh perguruan tinggi dipacu untuk menerapkan kuliah online untuk seluruh mata kuliah agar proses pendidikan tetap berjalan.

Sesuai dengan namanya, kuliah online ialah aktivitas perkuliahan yang dilakukan sepenuhnya secara online. Antara dosen dan mahasiswa dapat membuat kesepakatan bersama mengenai waktu yang tepat untuk melakukan proses perkuliahan itu sendiri.

Sehingga para mahasiswa yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi, tentu kuliah online bisa dijadikan sebagai solusi dalam mengenyam pendidikan dan mendapatkan ijazah. Mengapa harus kuliah online?

Departemen Pendidikan Amerika Serikat pernah melakukan sebuah penelitian dengan melibatkan mahasiswa dan menunjukan bahwa ternyata mahasiswa yang berkuliah secara online memperoleh nilai akademis yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang berkuliah secara konvensional.

Hal tersebut dikarenakan selain pengetahuan yang dimiliki, para mahasiswa juga cenderung selangkah lebih maju dalam hal teknologi sehingga dapat menerima berbagai macam perubahan yang dihadapinya, apalagi di era yang serba modern seperti saat ini.

Untuk dapat mengakses mata kuliah mereka tentu harus menggunakan aneka ragam software ataupun aplikasi agar bisa berinteraksi dengan para dosen atau pihak kampus yang terkait. Dengan fakta seperti itu, para mahasiswa secara tidak langsung setidaknya harus terbiasa dalam menggunakan blog, email, Wiki, Twitter, ePortfolio, discussion board dan masih banyak lagi.

Selain itu, untuk dapat melakukan perkuliahan secara bertatap muka dengan dosen mereka pun juga harus terbiasa menggunakan teknologi seperti webinar, podcast, social networking, dan lain-lain.

Kelebihan Kuliah Online

  • Menghemat biaya transportasi ataupun biaya tempat tinggal bagi mahasiswa yang berasal dari luar pulau atau luar negeri
  • Para mahasiswa dapat mengikuti proses perkuliahan kapanpun dan dimanapun, sesuai dengan keinginan
  • Materi perkuliahan dapat dipilih sesuai dengan tingkat kemampuan
  • Tanya jawab dalam perkuliahan bersifat fleksibel karena dapat dilakukan melalui chatting
  • Melatih mahasiswa untuk lebih bertanggung jawab, kreatif, dan mandiri, sehingga dapat membentuk pribadi yang lebih percaya diri
  • Mahasiswa bisa melihat kembali materi yang diajarkan karena biasanya materi tersebut berbentuk modul yang dapat diunduh
Baca Juga:   Kuliah Online S1 Akuntansi

Kekurangan Kuliah Online

  • Sangat bergantung pada kecepatan internet, sehingga apabila susah sinyal, maka proses pembelajaran ada kemungkinan tertinggal
  • Interaksi sosial akan menjadi sedikit sulit karena proses pembelajaran dilakukan sendiri
  • Sangat bergantung pada sikap disiplin para mahasiswa jika tidak ingin tertinggal pelajaran
  • setiap mahasiswa wajib memiliki komputer atau gadget, sehingga kuliah online hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu saja
  • Mata kuliah yang diajarkan cenderung terbatas karena ada beberapa pelajaran yang tidak bisa diajarkan secara online

15 Kampus Swasta Yang Menyediakan Kuliah Online

Berikut kami sampaikan daftar 15 Kampus Yang Menyediakan Kuliah Online sebagai berikut:

1. Universitas Esa Unggul (UEU)  https://kk.esaunggul.ac.id 

Sebagai Universitas Swasta ternama di Jakarta, Universitas Esa Unggul sangat cepat dalam menerapkan kuliah online untuk beberapa mat kuliah terutama untuk Kelas Karyawan.

Untuk mendukung belajar mengajar telah disiapkan Sistem Kuliah Online yang efektif dan menarik sehingga mahasiswa dapat mengikutinya dengan mudah.

Perbandingan Mata kuliah yang dijalankan dengan cara tatap muka dengan kuliah online adalah 60:50, dimana jumlah mata kuliah tatap mukanya adalah 60% dan mata kuliah online adalah 40%.

2. Universitas Widyatama Bandung https://kk.widyatama.ac.id

Universitas Widyatama Bandung adalah Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di bandung ini sudah mulai menerapkan kuliah online untuk beberapa mata kuliah di Kelas Karyawan sejak Tahun 2015.

Sistem yang dibuat untuk mendukung efektivitas belajar online adalah E-learning Center.
3. Universitas Panca Budi Medan https://kk.pancabudi.ac.id
Universitas Panca Budi adalah Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di Medan. Universitas ini terkenal dengan banyak inovasi di bidang pendidikan.
Salah satunya adalah dengan menerap beberapa mata kuliah menggunakan kuliah online di Kelas Karyawan sejak Tahun 2014.
Untuk menunjang kegiatan Kuliah Online ini, maka dibentuklah satu divisi khusus untuk membuat dan mengembang bahan ajar untuk kuliah online.
4. Universitas Sangga Buana Bandung https://kk.sanggabuana.ac.id
Universitas Sangga Buana adalah Perguruan Tinggi Swasta yang berlokasi di Bandung. Sudah melaksanakan kuliah online untuk beberapa mata kuliah sejak 2018.
Dengan adanya kuliah online ini, maka biaya operasional pendidikan bisa ditekan lebih murah, sehingga biaya kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa jauh lebih murah.
5. Universitas Paramadina Jakarta https://pkp.paramadina.ac.id
Universitas Paramadina adalah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta Selatan, teaptnya di Jl. Gatot Subroto Kav. 97 Mampang Jakarta Selatan.
Universitas Paramadina sudah mulai menerapkan kuliah online sejak tahun 2019 yang bertujuan untuk membantu mahasiswa bisa mengakses materi kuliah   dari mana saja dan kapanpun.
6. Universitas Mercu Buana (UMB) https://kk.mercubuana.ac.id

Kampus ini menyediakan layanan kuliah online untuk memudahkan para karyawan yang hanya bisa kuliah di akhir pekan. Di kampus ini mahasiswa bisa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dan waktu kuliah yang diinginkan.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta 2022-2023

7. Universitas Terbuka (UT) https://www.ut.ac.id/

Seperti namanya, Universitas Terbuka ini terkenal dengan sistem pembelajarannya yang dilakuakan secara jarak jauh dan terbuka. UT ini juga dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi yang menyediakan kuliah daring dengan biaya murah.

8. Universitas Bina Nusantara (Binus) www.binus.ac.id

Beda halnya dengan UMB dan UT, dari sebagian orang binus ini dikenal dengan kampus yang cukup mahal. Tetapi sobat bintang jangan salah, Binus juga menyediakan program kuliah online yang murah dan terjangkau untuk sobat bintang. Program kuliah online ini diberi nama Binus Online Learning.

9. Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) https://uai.ac.id

Kampus berikutnya yaitu Universitas Al-azhar. Kampus ini cocok untuk sobat bintang yang ingin sekalian menambah ilmu tentang keagamaan. Kurikulum kampus ini memadukan agama dengan kurikulum umum. Untuk Kuliah online, sobat bintang hanya bisa mengambil dua jurusan saja yaitu S1 akuntansi dan S1 manajemen.

Baca Juga:   Magister Administrasi Pendidikan Di Bandung

10. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) https://www.bsi.ac.id/

Kampus selanjutnya yaitu Universitas Bina Sarana Informatika atau lebih dikenal dengan Universitas BSI. Selain terkenal dengan kampus berbasis teknologi, Universitas BSI juga menyedikan kuliah online dimana Universitas ini memiliki 4 Fakultas dan 21 Program Studi.

Fakultas Teknik Informatika menjadi fakutas terfavorit dan paling banyak mahasiswanya di kampus ini. Selain itu UBSI pernah mendapatkan penghargaan kampus yang paling banyak meluluskan mahasiswanya.

11. Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) https://ithb.ac.id

Kampus berkutnya adalah Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB). ITHB yang berlokasi di Bandung ini membuka program jurusan S1 Sistem Informasi dan S1 Manajemen. Untuk kuliah online, ITHB hanya membuka jurusan S1 Sistem Informasi dengan konsentrasi Data Science.

12. Universitas MH. Thamrin (UMHT) https://www.thamrin.ac.id/

UMHT yang terkenal dengan program studi yang berkaitan dengan dunia kesehatan ini, juga menyediakan kuliah online. UMHT membuka kuliah online pada program S1 Sistem Informasi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Teknik Informatika.

13. Universitas Nusa Mandiri https://www.nusamandiri.ac.id/

Kampus berikutnya yaitu Universitas Nusa Mandiri. Kampus ini memiliki 3 Program Studi yakni S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika dan program pascasarjana S2 Megister Ilmu Komputer. Untuk Program Pascasarjana memiliki tiga konsentrasi yakni Image ProcessingSoftware Engineering dan Data Mining.

14. Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) https://uia.ac.id/

Sama halnya dengan Universitas Al Azhar Indonesia, UIA ini juga merupakan kampus islam menyediakan kuliah online. Jurusan yang disediakan untuk kuliah online di UIA ini yakni S1 Hukum dan S1 Manajemen.

15. Universtas Pembangunan Jaya (UPJ) https://www.upj.ac.id/

Kampus yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan ini menyediakan kuliah online untuk Jurusan S1 Manajemen, S1 Informatika, S1 Akuntansi, dan S1 Sistem Informasi.

Demikian kami sampaikan informasi tentang Ini 15 Kampus Kuliah Online Untuk Karyawan, semoga bermanfaat.

Loading

Berikan Komentar Anda