Heboh! Buaya Terbesar Dunia Berusia 120 Tahun Muncul di Perairan

Buaya ini disebut-sebut sebagai buaya terbesar dunia di penangkaran. Bernama Cassius, dia baru saja merayakan ulang tahun yang ke-120 walau usia ini hanya hasil perkiraan ilmuwan, tidak bisa dipastikan.

Cassius adalah buaya air asin berukuran masif dengan panjang mencapai sekitar 5,48 meter. Dia hidup di Marineland Crocodile Park di Great Barrier Reef, Australia. Cassius ditangkap di Sungai Finniss, Darwin, pada tahun 1984.

“Dia saat itu sudah merupakan buaya tua yang besar dan ukurannya tidak normal. Sebagian ekor dan hidungnya ada yang hilang,” kata pakar buaya, Profesor Graeme.

“Saat itu buaya besar masih jarang terlihat. Tidak ada yang berpengalaman dengan mereka. Mencoba menangkapnya pun sangat sulit. Dia sudah tua dan besar ketika kami menangkapnya dan 38 tahun kemudian, dia masih hidup. Ini membuat kami belajar mengenai umur panjang buaya,” paparnya.

Baca Juga:   Dua Pekerja Tergantung di Gedung Tinggi Usai Tali Gondola Putus

Menurutnya, usianya saat ditangkap adalah sekitar 30 sampai 80 tahun. “Umurnya sekarang mungkin lebih dari seabad, mungkin saja 120 tahun,” cetus Profesor Webb.

Cassius dibeli dan dirawat oleh pecinta hewan bernama George Craig, dan sekarang dipelihara oleh cucunya Toody Scott. Sepanjang hidupnya, Cassius telah dikunjungi sosok besar dunia, termasuk mendiang Ratu Elizabeth II, Presiden China Xi Jinping, Raja Thailand dan mantan perdana menteri Australia Scott Morrison.

“Dia masih memiliki banyak percikan dalam dirinya. Umumnya, reptil tua besar cenderung cukup jinak dan tidak tertarik. Tapi Cassius selalu siap berinteraksi. Dia salah satu buaya kami yang paling hidup,” katanya. Dia memperkirakan, Cassius mungkin masih akan hidup beberapa tahun lagi.

Loading

Berikan Komentar Anda