Habiskan Dana Rp 500 Juta Pembuatan Patung Bung Karno di Banyuasin ‘Tak Mirip’

Warganet tengah sibuk memperbincangkan patung Bung Karno di Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) yang wajah dan tubuhnya tidak sesuai dengan aslinya. Ternyata, anggaran yang digelontorkan untuk membangun patung raksasa Bung Karno itu bukan senilai Rp 16 miliar sebagaimana dibicarakan oleh khalayak luas.

Anggaran untuk membangun patung presiden pertama Indonesia itu sekitar Rp 500 juta. Informasi itu tertuang dalam data Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LPSE) Kabupaten Banyuasin.

Dalam datanya, tender pembangunan dinamai ‘Pembangunan Merk dan Patung Bung Karno dan Asesoris. Patung dibuat pada 20 Januari 2023 dan sudah dinyatakan selesai.

Pembangunan patung Bung Karno raksasa itu menggunakan APBD 2023.

Adapun nilai pagu paket yang ditetapkan ialah sebesar Rp 500 juta. Sementara nilai HPS paket atau harga barang/jasa yang dikalkulasikan secara keahlian dan berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan yakni sebesar Rp 498.700.000.

Baca Juga:   Biaya Kuliah S2 Universitas Bung Karno Jakarta 2024/2025

Adapun sebanyak 12 peserta mengikuti tender pembangunan itu dan dimenangkan oleh ATTAKI.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Kabupaten Banyuasin, Ardi Arpani juga sudah membantah soal Rp 16 miliar.

Ardi menyebut bahwa pembangunan patung tersebut belum sepenuhnya selesai. Apabila memang tidak sesuai, pihaknya akan meminta pihak ketiga untuk membongkarnya.

ā€œNanti, dilihat saja apakah sesuai dengan gambar yang diberikan atau tidak,ā€ kata Ardi melalui keterangan pers.

Loading

Berikan Komentar Anda