Cara Membuat Video Bulat di WhatsApp untuk Kirim Chat dalam Bentuk Video

Aplikasi WhatsApp atau WA telah menambah format atau bentuk baru dalam mengirim chat. Kini, pengguna bisa mengirim chat dalam bentuk video melalui video bulat WA. Lantas, bagaimana cara membuat video bulat di WA?

Perlu diketahui terlebih dahulu, video bulat WA sejatinya adalah tampilan dari salah satu fitur baru di aplikasi WhatsApp, yaitu fitur pesan video instan atau instant video messages. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dalam format video.

Sebelum fitur pesan video instan hadir, seperti yang cukup umum diketahui, pengguna cuma bisa mengirim chat dalam format teks dan suara (Voice Note/VN). Dengan adanya fitur tersebut, pengguna sekarang bisa membuat chat dalam format video.

Fitur pesan video WA memiliki pengoperasian yang mirip dengan VN. Fitur pesan video WA bukan berarti mengirim file media video dari galeri ponsel ke ruang obrolan.

Akan tetapi, layaknya VN, lewat fitur pesan video WA, pengguna dapat merekam langsung video dan dikirim di ruang obrolan sebagai chat, bukan file media. Lantaran dikirim sebagai chat, rekaman video dari fitur pesan video WA itu tidak dapat diunduh.

Baca Juga:   Viral Sosok Ipda Febryanti Mulyadi Siang Ukhti Malam Jadi Resmob

Pesan video yang terkirim di ruang obrolan WA bakal memiliki bentuk yang berbeda dengan kiriman file media video. Pesan video yang terkirim memiliki bingkai berbentuk bulat, sedangkan file media video memiliki bingkai persegi. Perbedaannya bisa dilihat di bawah ini.

Lantaran video terkirim dalam bingkai bulat, fitur pesan video WA cukup populer disebut dengan video bulat WA. Lewat video bulat WA, pengguna bisa membuat chat dalam bentuk video berdurasi maksimal 60 detik atau 1 menit.

Cara membuat video bulat di WA

Cara membuat video bulat di WA itu cukup mudah. Namun, yang perlu diketahui adalah pesan video WA tidak dibuat melalui ikon kamera yang terdapat pada kolom pengetikan chat. Fitur pesan video WA terletak di ikon mikrofon yang biasa dipakai membuat VN.

Baca Juga:   Viral Mobil di Bekasi jadi Sasaran Amuk Massa Diduga Halangi Damkar

Ikon mikrofon untuk membuat VN di WA sekarang bisa beralih menjadi ikon video ketika diklik. Jadi, jika ingin membuat video bulat di WA, pengguna perlu mengetuk ikon mikrofon itu dulu. Untuk lebih jelasnya, silakan simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka ruang obrolan pribadi atau grup.
  • Pada kolom pengetikan chat, ketuk ikon mikrofon (hanya sekali ketuk, bukan ditahan).
    Setelah itu, ikon mikrofon bakal beralih menjadi ikon video.
  • Klik dan tahan ikon video itu untuk mulai merekam video.
  • Pengguna bisa mengunci tombol tersebut dengan mengusapnya ke atas, sehingga tak perlu ditahan terus untuk merekam video.
  • Pengguna bisa merekam video dengan kamera depan atau belakang.
  • Perekaman berjalan dalam bingkai lingkaran. Saat perekaman berlangsung, bingkai lingkaran itu bakal terdapat garis hijau yang berjalan sebagai penanda durasi video.
  • Jika sudah selesai merekam, pengguna bisa mengetuk tombol pause dan melihat hasil rekaman video itu dulu.
  • Bila video dirasa kurang pas, pengguna bisa langsung menghapusnya.
  • Jika video dirasa sudah sesuai, pengguna bisa langsung mengirimnya ke ruang obrolan.
  • Saat sudah terkirim di ruang obrolan, pesan video bakal memiliki bingkai bulat.
Baca Juga:   Gara-gara Ngebir Saat Warga Lapor Pencopetan Polisi Dihukum 50 Push Up

Itulah penjelasan mengenai cara kirim pesan video di WhatsApp atau video bulat di WA. Pesan video WA bakal berputar otomatis seperti gambar GIF (tanpa suara), ketika pengguna membuka ruang obrolan yang berisi pesan video itu.

Untuk memutar video dari pesan video WA dan mendengarkan isinya, pengguna bisa klik pesan video tersebut di ruang obrolan. Selanjutnya, pengguna bisa menjeda video dari pesan video WA dan melanjutkannya kembali.

Loading

Berikan Komentar Anda