Cara Daftar dan Bayar Tol Pakai Sistem MLFF

Sistem transaksi jalan tol non-tunai tanpa sentuh dan tanpa berhenti diresmikan pemerintah. Yap, transaksi yang dimaksud adalah Multi Lane Free Flow (MLFF). Dasar hukum pemberlakuan tersebut setelah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2024 tentang Jalan Tol resmi ditetapkan dan diberlakukan pada tanggal 20 Mei 2024.

Dengan sistem MLFF, nantinya pengguna tol bisa langsung masuk gerbang tol tanpa menempelkan kartu uang elektronik atau e-toll.

Selain itu dengan penerapan sistem ini, antrean panjang di gerbang tol bisa diminimalisir.

Buat yang belum tahu, pengguna cukup mengunduh dan mendaftarkan data pribadi pada aplikasi bernama CANTAS pada smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet.

Nantinya dengan diberlakukannya sistem pembayaran MLFF, ruas tol akan sepenuhnya menjadi jalan bebas hambatan atau tidak ada lagi pembatas di gerbang tol.

Baca Juga:   Mendaftar Sebagai Warga Negara Asgardia Bisa Pakai Medsos, Begini Caranya

Lalu lintas di jalan tol akan diawasi dengan dukungan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Gantry MLFF ini bekerja dengan cara mengidentifikasikan seluruh kendaraan yang lewat, kemudian akan mengirim data ke pusat.

Secara otomatis, gantry MLFF akan memeriksa apakah kendaraan terdaftar, sudah membayar, dan memverifikasi apakah kendaraan melakukan pelanggaran atau tidak.

Itulah cara kerja MLFF yang akan diberlakukan di Indonesia.

Sistem pembayaran tol MLFF diharapkan dapat memangkas antrean yang ada pada gerbang tol.

Loading

Berikan Komentar Anda