“Buaya Raksasa Ditangkap di Muara Lombok Tengah, Berikut Gambaran Penangkapan dan Penampakannya

Seekor buaya raksasa ditangkap di muara sungai Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Diduga masih ada lebih dari empat ekor buaya berkeliaran di muara Sungai Bangket Parak hingga ke Pantai Awang, Kecamatan Pujut.

Dilansir detikBali, Senin (8/5/2023), satu ekor buaya muara jenis Crocodylus porosus yang ditangkap di muara sungai Desa Bangket Parak itu tergolong berukuran raksasa dengan panjang lima meter dan bobot empat kuintal atau 400 kilogram.

Hewan buas tersebut ditangkap warga bersama tim gabungan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB dan Bali Reptile Rescue (BRR) pada Sabtu (6/5) sekitar pukul 21.00 Wita.

Baca Juga:   Cara Cek Nama Pemilik Kendaraan Online

Sekretaris Desa Persiapan Awang, Rusdy menjelaskan penangkapan buaya muara dilakukan dengan cara dijebak menggunakan perangkap. Sebelumnya, buaya sering meresahkan para nelayan di Pantai Awang.

“Penangkapan ini sudah berlangsung sejak Selasa (2/5). Jadi kami bersama tim gabungan turun menyisir aliran sungai menuju ke pantai untuk menangkap buaya tersebut,” ujar Rusdy.

Lebih lanjut, Rusdy mengungkapkan pada Jumat (5/5) malam, dua ekor buaya muncul ke permukaan. Ukurannya lebih kecil dibanding buaya yang ditangkap tim gabungan.

“Kemarin ada dua muncul. Tapi kembali ke tengah muara. Jadi kami perkirakan jumlahnya ada empat ekor lebih,” kata Rusdy.

Terpisah, Kepala BKSDA NTB Budhy Kurniawan mengatakan buaya yang ditangkap merupakan buaya dewasa berjenis kelamin jantan.

Baca Juga:   Rumah Sederhana Abah Jajang di Cianjur Ditawar Hingga Rp2,5 Miliar, Kini Jadi Destinasi Wisata Terpopuler

“Buaya tersebut segera diangkut untuk dievakuasi di lembaga konservasi di Lombok Utara,” kata Budhy.

Buaya berukuran lima meter tersebut berada di Desa Persiapan Awang untuk selanjutnya dievakuasi ke lembaga konservasi.

Loading

Berikan Komentar Anda