Bocah SD di Lampung Gagalkan Aksi Penjambretan HP dapat Hadiah dari Kapolda

Rizky Maulana (12) mendadak viral karena aksinya yang berani melawan jambret. Siswa SD itu hampir menjadi korban penjambretan oleh tiga pria di Bandar Lampung. Beruntung karena keberaniannya, Rizky tidak sampai kehilangan HP miliknya. Meski HP itu rusak.

Walaupun demikian, Rizky tak terlalu bersedih. HP rusaknya dengan segera mendapat ganti. Tidak tanggung-tanggung, pemberian itu datang langsung dari Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika.

Kronologi Penjambretan yang Terekam CCTV

Penjambretan yang menimpa Rizky itu terlihat dalam rekaman CCTV yang beredar di media sosial. Saat itu, bocah yang ternyata adalah Rizky sedang menggunakan HP-nya seperti biasa di teras rumah.

Kemudian ada tiga pria berboncengan yang terlihat mendekati Rizky. Salah satunya turun dan tampak menanyakan sesuatu kepada Rizky. Namun tiba-tiba dia merebut HP dari tangan Rizky dan segera kembali ke kedua rekannya yang masih berada di atas motor.

Baca Juga:   Sempat Viral Bocah 10 Tahun di Madura Menikah, Ternyata Hanya Tunangan

Rizky langsung mengejar para pelaku. Ditariknya sweater orang yang duduk di belakang hingga pelaku itu jatuh dari motor.

Mendengar ada keributan, warga lain langsung ikut membantu Rizky mengejar pelaku. Meski demikian, pelaku akhirnya berhasil kabur. Namun mereka gagal membawa kabur HP Rizky.

Peristiwa itu sendiri awalnya dibenarkan oleh Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung, Kompol Dennis Arya Putra. Pihaknya langsung melakukan penyelidikan terkait kejadian di video CCTV tersebut.

“Iya, terhadap peristiwa itu kami melakukan penyelidikan dengan menggali keterangan saksi,” ujarnya, Sabtu (21/10/2023).

Dennis juga mengimbau agar warga, terutama orang tua lebih mengawasi anaknya yang bermain di sekitar area rumah. Sebab tidak menutup kemungkinan anak-anak bisa menjadi sasaran kejahatan walaupun ada di lingkungan rumah yang notabene aman.

Baca Juga:   Putaran Balik di Ciputat Timbulkan Kemacetan Menuju Jakarta, Warga Desak Penutupan

“Adanya peristiwa itu, kami mengimbau kepada masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak kecil untuk selalu waspada dan selalu mengawasi. Jangan biarkan bermain handphone di luar rumah,” tandasnya.

Rizky Dapat Hadiah HP dari Kapolda

Atas keberaniannya tersebut, Rizky diundang langsung oleh Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika. Pada kesempatan itu, Rizky sempat bercerita sedikit mengenai alasan dirinya berani mengejar jambret.

Menurut Rizky, saat itu dia spontan saja mengejar para pelaku. Sebab, HP yang diambil para pelaku itu menyimpan kenangan spesial bagi Rizky.

“Iya spontan aja. Handphone-nya dari saudara. Itu kado sunatan aku,” tuturnya, Rabu (25/10/2023).

HP itu sendiri rusak karena terjatuh saat dibawa pelaku. Namun, Irjen Helmy Santika memberikan ganti HP baru. Tak hanya itu, Rizky juga mendapat sejumlah uang tunai.

Baca Juga:   Viral Pengendara Fortuner Acungkan Pedang di Rancaekek, Berakhir Ditangkap Polisi

“Iya senang, baru pertama kali ke Polda Lampung. Iya, dikasih handphone juga sama Pak Kapolda,” ujar Rizky.

Sementara itu, Irjen Helmy Santika mengaku memberikan HP dan uang tunai kepada Rizky karena mengapresiasi keberaniannya dalam melawan pelaku kejahatan. Padahal Rizky masih anak-anak.

“Sayang sangat kagum dengan keberanian dia dalam menggagalkan aksi tiga pelaku jambret yang hendak mengambil handphone-nya. Saya berharap keberanian ini bisa menular ke generasi-generasi penerus kita untuk melawan kejahatan,” kata Helmy.

Loading

Berikan Komentar Anda