Bahan Alami yang Ampuh Usir Semut di Sudut Rumah

Semut di sudut rumah seringkali sulit dibersihkan. Ternyata dengan memanfaatkan lima bahan alami ini dapat membantu rumah bersih dari semut yang berkerubung.

Menurut catatan National Geographic ada lebih dari 10.000 spesies semut di dunia. Pada detikEdu, disebutkan juga perkiraan jumlah semut di dunia mencapai 20 kuadriliun atau rasionya dengan manusia mencapai 1:2,5 juta.

Banyak semut di dunia dapat dirasakan dengan sangat jelas hanya melalui sudut-sudut rumah. Bukan hal yang aneh lagi jika menemukan koloni semut yang berkumpul hingga membentuk sarangnya di lapisan bawah rumah.

Sayangnya seringkali semut-semut ini akan mengganggu terutama jika berkaitan dengan tempat penyimpanan makanan dan ruangan untuk istirahat. Ternyata untuk mengatasi serangan semut dapat memanfaatkan lima bahan alami dari dapur.

Berikut ini bahan alami untuk membasmi semut di rumah menurut Better Homes and Garden:

1. Cuka putih

Baca Juga:   Wanita di Pekalongan Menjual Papeda Dalam Kostum Kuntilanak, Menjadi Viral di Media Sosial

Pada beberapa kondisi, cuka putih tidak hanya dimanfaatkan untuk bumbu memasak saja. Cuka juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan lain di dapur.

Salah satunya adalah cairan alami untuk membersihkan permukaan maupun peralatan yang kotor. Cuka putih ternyata juga dapat digunakan untuk mengusir dan mengantisipasi serangan gerombolan semut.

Caranya cukup menyampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Semprotkan campuran cuka pada permukaan benda dan lap secara merata. Aroma asam cuka akan membuat semut minggir seketika.

2. Buah yang asam

Cara kerja alat pembersih alami yang satu ini hampir mirip dengan cuka. Beberapa buah memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dari buah-buahan yang lain.

Buah dengan kadar asam yang tinggi misalnya, lemon, jeruk nipis, dan jeruk. Buah-buahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengusir semut di sudut rumah tanpa membunuhnya.

Caranya letakkan potongan kulit buah yang asam di sudut-sudut rumah yang diinginkan. Biarkan selama beberapa waktu agar aromanya mengusir semut secara perlahan.

Baca Juga:   VIRAL Kelompok Monyet Turun Gunung ke Rumah-rumah Warga di Bandung

3. Kayumanis

Bagi manusia aroma kayumanis memang menyegarkan dan nikmat jika dicampur ke dalam makanan atau minuman. Tetapi aroma tersebut berfungsi berbeda pada serangga.

Menurut beberapa penelitian, kayumanis memiliki komponen bernama transcinnamaldehyde. Komponen tersebut secara alami efektif untuk mengatasi gangguan serang hingga membunuh beberapa jenis serangga tertentu.

Menaburkan bubuk kayumanis di sudut-sudut rumah terbukti ampuh untuk mengatasi serangan semut. Selain kayumanis bubuk, kayumanis dalam bentuk minyak juga dapat diteteskan pada sudut-sudut yang menjadi tempat bersarangnya semut.

4. Garam

Selain digunakan sebagai bumbu memasak garam juga dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi gangguan beberapa hewan. Sejak masa lampau garam dipercaya dapat menjauhkan gangguan hewan yang berbahaya seperti ular.

Ternyata jika ditaburkan di dapur, garam juga dapat membantu meredakan komplotan semut. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan garam dalam mengusir semut.

Baca Juga:   Viral Saat Tidur di Musala Pria Ini Diseret Makhluk Tak Kasat Mata Hingga Keluar

Pertama, taburkan garam membentuk garis lurus untuk menghalau semut. Kedua, campurkan garam dan air kemudian gunakan untuk menyemprot bagian-bagian tempat semut berkerumun.

5. Kopi

Menurut ahli pestisida, kopi memiliki manfaat yang lebih banyak daripada sekadar minuman yang menyegarkan. Bubuk kopi sangat baik untuk membantu mengatasi serangan serangga di rumah.

Para peneliti secara khusus juga melakukan penelitian pada tiga jenis varietas bubuk kopi dengan tiga jenis spesies semut di dapur. Hasilnya ada beberapa kopi yang paling ampuh untuk mengusir semut.

Bubuk kopi berjenis Arabica memiliki efek yang lebih tinggi untuk membunuh lebih banyak spesies semut. Caranya cukup taburkan bubuk kopi pada sudut-sudut yang sering diserbu oleh semut di rumah.

Loading

Berikan Komentar Anda