VIRAL Kelompok Monyet Turun Gunung ke Rumah-rumah Warga di Bandung

Viral di media sosial akan kelompok monyet yang turun gunung ke rumah-rumah warga di Bandung. Pakar mengatakan agar warga waspada rabies.

Warga yang tinggal di Kampung Cibeureum Jati, Desa Sadu, Kecamatan Soreang digegerkan dengan turunnya segerombolan monyet ekor panjang, Jumat (29/3) lalu. Kejadian ini viral di sosial media (medsos).

Periset Studi Komunikasi Lingkungan Fikom Unpad Herlina Agustin mengatakan, untuk mengetahui penyebab pasti dibutuhkan observasi lanjutan. Namun menurut Herlina, banyak penyebab yang membuat primata bernama latin Macaca fascicularis itu turun ke pemukiman warga.

“Iya saya juga dapat laporan, sepertinya mesti waspada,” kata Herlina dalam keterangan tertulis yang diterima detikJabar, Minggu (31/3/2024).

Baca Juga:   Viral Pria di Tapanuli Tengah Pamer Uang Ratusan Juta di Jalanan

Waspada dalam hal ini, Herlina menyebut dikhawatirkan jika monyet ini alami rabies. “Mesti waspada rabies,” ujarnya.

Meski demikian, turunnya segerombolan monyet liar ini merespon terjadinya kerusakan habitat atau bencana alam. “Yang utama jangan panik, tetap tenang tapi waspada. Anjing dan kucing usahakan tidak berinteraksi dengan monyet liar,” ungkapnya.

Herlina juga mengimbau kepada warga, jangan mencoba ingin mendekat dan memberi makan segerombolan monyet liar ini. “Jangan sekali-sekalian memberi makan, karena mereka lebih agresif jika diberi makan,” ujarnya.

Selain itu, dalam video viral tersebut warga mengusir monyet liar itu dengan cara menyoraki. Menurut Herlina hal tersebut tidak boleh dilakukan karena bisa menimbulkan dampak negatif.

Loading

Berikan Komentar Anda