Airbus A380-800, Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia yang Mendarat di Bali

Pesawat Airbus A380-800 dengan 482 penumpang milik maskapai Emirates itu mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pukul 16.35 Wita, Kamis (1/6/2023). Burung besi super jumbo dengan nomor penerbangan EK-368 dari Dubai, Uni Emirat Arab, itu disambut dengan meriam air (water salute).

Sorakan penumpang di dalam pesawat dan bandara iringi pendaratan perdana pesawat super jumbo itu di Pulau Dewata. Sejarah baru penerbangan di Indonesia terukir.

“Kami sangat bahagia karena armada A380 milik Emirates akhirnya tiba di Bali. Pencapaian ini merupakan hasil kerja seluruh tim selama berbulan-bulan, mulai dari tahap perencanaan hingga eksekusi yang apik,” ujar Senior Vice President, Commercial Operations, Far East Emirates Orhan Abbas seusai menyambut kedatangan para penumpang di Terminal Kedatangan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga:   Sapi Mengamuk dan Merobohkan Tenda, Viral di Media Sosial

Gubernur Bali Wayan Koster sangat bahagia karena Emirates mendukung pariwisata Bali. “Sejak 2022, Emirates menjadi pionir penerbangan ke Bali,” ucapnya saat menyambut penumpang pesawat A380-800.

Menurut Koster, Emirates memberikan kontribusi besar ke Bali. Sebab, pada 2020-2021, kondisi pariwisata di Bali sangat sepi tanpa penerbangan akibat pandemi COVID-19.

Welcome on Board!

Diliput dari detikBali berkesempatan berkeliling melihat fitur mewah dan eksklusif di pesawat A-380. Mulai dari lantai satu yang khusus untuk penumpang kelas ekonomi, dengan jumlah 426 kursi.

Di kelas ekonomi, terdapat pernak-pernik mainan khusus anak. Jarak yang lebar membuat penumpang dapat leluasa berjalan di lantai ini.

Di lantai dua khusus kelas bisnis berkapasitas 76 kursi dan 14 kursi First Class. Di area ini juga terdapat bar mini dan camilan gratis yang dapat dinikmati oleh para penumpang kelas pertama.

Baca Juga:   VIRAL Selegram Makan Kecoa, Begini Komentar Netizen

Sementara itu, khusus di kelas VIP penumpang lebih merasakan sensasi yang lebih privat. Kursi penumpang ini dilengkapi dinding yang dapat berfungsi otomatis.

“Ya jika kamu tidak suka atau tidak ingin melihat penumpang di sebelah, kamu dapat menutupnya dan memencet tombol ini,” ungkap salah satu pramugari bernama Anastasia.

Anastasia menjelaskan di kursi khusus VIP, penumpang menikmati fasilitas cermin, bar mini, camilan, hingga makanan dengan fitur meja otomatis. Di kelas VIP juga tersedia dua kamar mandi dengan toilet mewah dan dilengkapi shower.

Melayani Perbangan dari dan Menuju Denpasar

Orhan Abbas menjelaskan awal beroperasinya A380 di Indonesia juga memaknai perpanjangan komitmen Emirates pada pasar Indonesia. Beroperasinya pesawat super jumbo itu merupakan respons tingginya permintaan perjalanan internasional ke Pulau Dewata.

Baca Juga:   Harga dan Spesifikasi Pesawat Boeing 737-800 NG Bekas yang Dibeli oleh Polri: Detail Lengkap Pembelian dan Keunggulan Teknisnya

“Kami siap melayani para pelanggan yang terbang dari dan ke Denpasar dengan layanan kelas dunia Emirates A380,” tutur Abbas.

Presiden Direktur & CEO JAS Airport Services Adji Gunawan mengatakan Airbus A380-800 akan menggantikan salah satu penerbangan harian ke Bali yang saat ini menggunakan armada Boeing 777-300ER.

Setelah tiba di Bali Kamis sore, pesawat super jumbo itu kembali terbang ke Dubai dari Bandara Ngurah Rai pada pukul 19.40 Wita. Pesawat dengan nomor penerbangan EK369 itu membawa 493 penumpang.

Loading

Berikan Komentar Anda