4 Universitas Asal Australia di Indonesia

Hubungan Australia dan Indonesia di bidang pendidikan memang terkenal baik. Menurut Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Stephen (Steve) Scott, setidaknya 20 ribu pelajar Indonesia menempuh studi ke Australia setiap tahunnya.

Sebaliknya, sejak 10 tahun terakhir sudah ada 12 ribu mahasiswa Australia menjadikan Indonesia sebagai negara favorit untuk menempuh pengalaman studi dan magang. Tidak hanya pertukaran, kerja sama di bidang pendidikan antar kedua negara ini lebih jauh dari itu.

Kini, Indonesia segera memiliki empat universitas Australia yang membantu arah pendidikan negeri menjadi lebih kuat. Steve menjelaskan kehadiran empat kampus itu bukan menjadi pesaing, melainkan pelengkap.

“Universitas-universitas tersebut berupaya untuk melengkapi apa yang ditawarkan kampus lokal. Mereka tidak berusaha bersaing tetapi melengkapi khususnya pada program pascasarjana,” ucap Steve dalam acara Perayaan Sepuluh Tahun Program Beasiswa New Colombo Plan, di Kedutaan Besar Australia Indonesia, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga:   Biaya Kuliah Universitas Islam 45 Bekasi 2024/2025

Lalu apa saja kampus Australia yang sudah dan akan hadir di Indonesia? Berikut daftarnya.

4 Kampus Australia di Indonesia

1. Monash University

Monash University di Indonesia adalah kampus khusus yang menawarkan program pascasarjana (S2 dan S3). Kampus ini menjalankan program seperti di Monash University Australia. Lokasinya di Indonesia berada di Jl. BSD Green Office Park, Tangerang, Banten.

Berbagai program studi yang tersedia di Monash University Indonesia, yaitu:

  • Kebijakan dan Manajemen Publik
  • Inovasi Bisnis
  • Ilmu Data
  • Keamanan Siber
  • Desain Perkotaan
  • Kesehatan Masyarakat

2. Western Sydney University, Surabaya

Western Sydney University, Surabaya akan dibuka pada bulan September 2024 mendatang. Lokasi kampusnya berada di Pakuwon Tower, Kota Surabaya.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Universitas Pancasila Jakarta 2024/2025

Kampus ini menawarkan fasilitas kelas dunia dengan lingkungan pembelajaran yang fokus pada kewirausahaan, industri, dan keberlanjutan. Informasi terkait kampus ini bisa dilihat di laman https://www.westernsydney.edu.au/future/our-campuses/surabaya-campus ya.

3. Deakin dan Lancaster University

Steve Scott menjelaskan Deaking dan Lancaster akan menjadi satu bundel universitas yang buka di Indonesia. Keduanya sudah mendapat persetujuan tetapi belum ada tanggal pasti terkait pembukaan universitas.

4. University of Central Queensland

Seperti Deakin dan Lancaster, University of Central Queensland juga sedang menunggu persetujuan pembukaan kampus di Indonesia dalam waktu dekat.

Meski begitu, Steve menyatakan beberapa kampus Australia juga akan dibuka di IKN. Sehingga Indonesia semakin memiliki perguruan tinggi kelas dunia khususnya di program pascasarjana.

Membuka Kesempatan Luas Mahasiswa Australia

Tidak hanya bagi mahasiswa Indonesia, kehadiran kampus Australia juga memberikan jalan bagi pelajar negara kangguru tersebut. Nantinya, mereka bisa menghabiskan waktu satu tahun di Indonesia dan mendapatkan pengalaman internasional.

Baca Juga:   Viral Kisah Mantan Jaksa jadi ODGJ Gegara Istri Siri Minta Nafkah Rp1 M Perbulan

Monash University juga membuka program serupa bagi pelajar Indonesia. Sehingga mereka bisa menyelesaikan sebagian studi di Indonesia dan sebagian lagi di Australia.

Ia juga tidak bisa memungkiri ikut senang bila Australia menjadi negara internasional pertama yang memiliki kampus di Indonesia. Steve menjelaskan permintaan pendidikan tinggi di Indonesia akan terus meningkat.

“Indonesia adalah negara yang masih muda dan salah satu keberhasilannya bisa dilihat dari kualitas masyarakatnya. Ketika Indonesia berhasil melewati fase pembangunan tersebut, mereka akan menjadi negara maju pada tahun 2045 sepert visi yang digaungkan Indonesia Emas,” tutur Steve.

Loading

Berikan Komentar Anda