300 Beasiswa Pemerintah Perancis

1831469-beasiswa-perancis-620X310Pemerintah Perancis, melalui Institut Francais Indonesia (IFI) menawarkan 300 beasiswa untuk tahun ajaran 2013. Kandidat yang terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh Bourses du Gouvernement Français (BGF) atau beasiswa pemerintah Perancis untuk jenjang S-2 dan S-3.

Beasiswa ini didanai bersama dengan beberapa kementerian di Indonesia, perusahaan Perancis di Indonesia dan sejumlah yayasan swasta. BGF akan menanggung biaya kuliah di salah satu universitas negeri, biaya visa dan fasilitas jaminan sosial. Sementara itu, beasiswa dari pemerintah Indonesia mencakup biaya hidup dan tiket pesawat pp.

Untuk program S-2, studi dapat ditempuh melalui dua pilihan skema. Skema pertama yaitu setahun ditempuh di Indonesia sambil kursus bahasa Perancis lalu setahun terakhir dirampungkan di Perancis. Skema kedua menawarkan studi penuh 2 tahun di Perancis. Sementara itu, untuk program S-3, skema studi ditentukan berdasarkan subjek disertasi dan dosen pembimbingnya.

Baca Juga:   Beasiswa Debt Swap 5K Doktor, KEMDIKNAS, Indonesia – Jerman

Berminat? Tentu saja kandidat yang berminat melanjutkan studi di perancis harus menunjukkan kemampuan bahasa Perancis dengan lulus tes DELF B2. Kandidat yang berminat pada bidang sains harus lulus tes DELF B1.

Namun kandidat yang terpilih tetap akan dibekali kelas intensif bahasa Perancis. Kelas akan digelar pada bulan April sampai dengan September di pusat pelatihan IFI di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan.

Tenggat pendaftaran dan kuota beasiswa bergantung pada mitra BGF. Jadi, kejar informasinya di laman resmi Campus France atau di masing-masing laman resmi mitra BGF di antaranya:

1. DIKTI : 60 beasiswa ditujukan untuk para dosen atau calon dosen.
2. DIKNAS – Beasiswa Unggulan: 100 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Daftarkan diri dengan mengirimkan berkas pendaftaran ke bagian hubungan internasional masing-masing perguruan tinggi.
3. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas): 5 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan S-2
4. Kementerian Kelautan dan Perikanan – Program INDESO: 10 beasiswa untuk pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan.
5. Kementerian Agama
6. Kementerian Perhubungan
7. Pemerintah Provinsi Papua: 5 beasiswa untuk mahasiswa asal Papua.
8. Total: 2 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia.
9. GDF Suez: 1 beasiswa untuk pendidikan master di Perancis dalam kurun waktu 16 bulan.
10. Djarum Foundation.

Loading

Berikan Komentar Anda