3 Suku di Indonesia Punya Mata Biru

Khasnya, mata biru dimiliki oleh orang-orang ras Kaukasoid di benua Eropa. Akan tetapi, tiga suku di Indonesia ini memiliki mata biru juga. Bahkan, mereka memiliki kisah menarik di balik karakteristik tersebut.

Mengutip akun Instagram Disdik Jawa Barat, ini dia tiga suku di Indonesia yang bermata biru. Suku apa saja? Jawabannya ada di bawah ini.

1. Suku Lamno

Sebagian besar masyarakat Desa Lamno di Aceh memiliki warna mata biru. Mereka juga mempunyai ciri fisik berkulit putih, hidung mancung, dan berpostur tinggi seperti orang-orang Eropa.

Ini dikarenakan keturunan Lamno berasal dari bangsa Portugis yang kawin campur dengan penduduk setempat di masa lalu. Di zaman dulu, banyak orang Portugis yang berdagang dan menikah dengan warga Aceh.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Desain Indonesia, Bandung

2. Suku Buton

Berkulit cokelat, masyarakat Suku Buton di Sulawesi Tenggara banyak yang bermata biru. Ini disebabkan kelainan genetik langka yang disebut dengan Waardenburg Syndrome. Kendati demikian, ada yang bilang juga mata biru ini didapatkan dari hasil kawin silang dengan bangsa asing Portugis.

3. Suku Lingon

Di pedalaman Halmahera, Maluku, ada suku yang berkulit putih dan bermata biru. Kisahnya cukup unik. Pada 300 tahun silam, pernah ada kapal Eropa yang tenggelam di perairan Halmahera. Penumpang yang selamat kemudian membangun pemukiman di tengah hutan Halmahera Timur. Semenjak itu, hiduplah komunitas Suku Lingon di sana dengan ciri mata biru.

Loading

Berikan Komentar Anda