VIRAL Jemaah Aolia Gunungkidul DIY Lebaran Hari Ini

Umat muslim Jemaah Masjid Aolia di Panggang, Giriharjo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan salat Idulfitri 1445 Hijriah hari ini, Jumat (5/4).

Pelaksanaan ibadah salat Idulfitri Jemaah Masjid Aolia ini berselang lima hari lebih awal dari Lebaran versi pemerintah yang kemungkinan jatuh pada 10 April 2024.

Pelaksanaan salat Idulfitri Jemaah Masjid Aolia di Giriharjo bertempat di sejumlah titik.

Beberapa di antaranya yakni MasjidAolia dan kediaman pimpinan Jemaah MasjidAoliaRaden Ibnu HajarPranolo di Dusun Panggang III, Giriharjo.

Ratusan jemaah Masjid Aolia berbondong-bondong ke kedua lokasi itu sejak pukul 06.00 WIB. Gema takbir berkumandang hingga salat dimulai pukul 07.00 WIB.

Tahun lalu, Jemaah Masjid Aolia juga melaksanakan salat Idulfitri lebih awal, yakni pada 20 April 2023. Sementara Lebaran versi pemerintah tahun lalu ditetapkan 21-22 April 2023.

Baca Juga:   Video Viral Siswa Lempar Kursi ke Wajah Guru di Sekolah

Jemaah masjid Aolia mulai menunaikan puasa lebih awal pada Kamis, 7 Maret 2024. Terkait itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gunungkidul telah memberikan penjelasan.

“Kemenag sudah klarifikasi ke Mbah Ibnu (Imam masjid Aolia, KH Ibnu Hajar Pranolo) mengapa mulai tarawihnya tadi malam. Sudah ketemu dan (Ibnu) menyampaikan penjelasan bahwa itu berdasarkan keyakinan beliau,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Gunungkidul, Sa’aban Nuroni dikutip detikcom, Kamis (7/3).

Kemenag menghormati sikap kelompok yang memiliki keyakinan berbeda mengenai awal maupun akhir Ramadan.

Terkait jemaah masjid Aolia melaksanakan ibadah Ramadan lebih awal, kata Nuroni, hal tersebut selalu terjadi sejak lama. Namun biasanya Jemaah Aolia hanya berbeda satu atau dua hari dari kalender pemerintah. Pada tahun ini perbedaannya mencapai tiga hingga empat hari.

Baca Juga:   Temuan Menarik di Dunia Thrifting AS: Jaket Universitas Paramadina Dijual 7 Dolar

Dia mengatakan jemaah Aolia tidak memiliki perbedaan dengan masyarakat muslim pada umumnya. Adapun perbedaannya hanya di sistem penanggalan yang juga sering dijumpai pada kelompok lain.

Loading

Berikan Komentar Anda