Universitas Negeri Yogyakarta Buka Program Studi Baru Magister Manajemen, Kuliah Hanya 3 Semester

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuka program studi (prodi) baru yakni Magister Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Pembukaan prodi baru ini bertujuan memberi kesempatan bagi masyarakat untuk memperdalam ilmu manajemen.

Melansir laman UNY, Wakil Dekan Bidang Riset Kerja Sama Informasi dan Usaha FEB, Setyabudi Indartono mengatakan ada tiga konsentrasi yang tersedia dalam prodi Magister Manajemen ini yakni manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.

Menurutnya, alasan lain pembukaan prodi baru ini adalah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Society 5.0 dan Penta-Heox Pendidikan Tinggi dalam menyiapkan lulusan yang unggul, kreatif, dan inovatif secara global.

Selain itu, ia mengatakan prodi Magister Manajemen dapat mengembangkan penelitian dan publikasi karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi teoritis, empiris, dan praktis dalam bidang ilmu manajemen.

Baca Juga:   Kelas Karyawan Universitas Katolik Parahyangan ( UNPAR ) Bandung 2017-2018

Pendidikan Hanya 3 Semester

Pendidikan yang akan ditempuh mahasiswa Magister Manajemen UNY ini nantinya hanya selama 3 semester. Pada semester 3, mahasiswa dituntut untuk mengerjakan tesis.

Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan di luar prodi manajemen sebelumnya akan diberikan matrikulasi terlebih dahulu sebelum perkuliahan. Mata kuliah matrikulasi tersebut antara lain statistik, pengantar bisnis, pengantar manajemen, dan dasar-dasar ilmu ekonomi.

Pembelajaran nantinya akan dilakukan baik secara luring maupun daring. Setyabudi menuturkan kemungkinan akan dibuka kelas jika pendaftar melebihi target atau sesuai permintaan stakeholder.

Prospek Lulusan Magister Manajemen UNY

Adapun prospek kerja atau karir lulusan Magister Manajemen ini bisa menjadi calon akademisi atau praktisi di bidang manajemen yang mempunyai kompetensi profesional, pengetahuan dan praktik bidang manajemen dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu dan riset berbasis teknologi digital.

Baca Juga:   Biaya Kuliah S2 Magister Manajemen Universitas Katolik Parahyangan

Keunggulan dari prodi Magister Manajemen ini yakni bisa mengembangkan ekonomi kerakyatan dan kewirausahaan. Prodi ini akan menghadirkan pengalaman belajar (learning experience) berupa aktivitas belajar mahasiswa melalui interaksi dengan kondisi eksternal di lingkungan pembelajarannya.

Biaya Kuliah Magister Manajemen UNY

Biaya kuliah mahasiswa yang mengambil program ini dibedakan menjadi tiga jenis yakni biaya bagi mahasiswa jalur reguler senilai Rp 8,5 juta, mahasiswa jalur non reguler atau kerja sama Rp 9,5 juta, dan mahasiswa luar negeri Rp 11 juta.

Selain itu, mahasiswa Magister Manajemen ini harus membayar biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp 2,5 juta yang dibayarkan sekali pada awal semester pertama.

Baca Juga:   Menteri Pendidikan Membuat Aturan Baru Syarat Lulus Kuliah, Mahasiswa Tak Wajib Skripsi

Pendaftaran Magister Manajemen UNY ini bisa melalui CBT Domisili, CBT Kampus, dan Portofolio. Bagi detikers yang berminat melanjutkan studi Magister Manajemen UNY ini bisa mendaftar lewat laman pmb.uny.ac.id.

Loading

Berikan Komentar Anda