Toyota Alphard dan Vellfire Generasi Terbaru Resmi Diluncurkan dengan Harga Mulai Rp 560 Jutaan

Toyota akhirnya mengungkap tampilan generasi keempat Alphard dan Vellfire. MPV Premium ini dijual mulai Rp 560 jutaan di Jepang.

Toyota Jepang baru saja meluncurkan Alphard dan Vellfire versi terbaru. Ada sejumlah ubahan yang disematkan Toyota pada Alphard dan Vellfire baru. Keduanya kini mengusung platform TNGA GA-K. Desain boxy khas Alphard dan Vellfire masih dipertahankan.

Dari sisi dimensi, kedua MPV itu kini lebih panjang yakni 4.995 mm namun lebarnya tetap 1.850 mm dan jarak sumbu roda juga masih 3.000 mm. Soal tinggi ada sedikit perubahan yakni antara 1.935 mm dan 1.945 mm tergantung model dan variannya. Ini membuat ruang kabin antara jarak baris pertama kedua lebih lega 5 mm dan baris kedua-ketiga lebih luas 10 mm.

Baca Juga:   Viral Penampakan Kamar Kos Mahasiswi Berpakaian Rapi, Bikin Shock Penuh Sampah

Seperti model-model sebelumnya, meski mengusung platform yang sama, penampilan Alphard dan Vellfire tetap berbeda. Untuk Vellfire mengusung grille berukurang besar yang diberi aksen krom. Sedangkan Alphard memiliki grille depan berbentuk kotak tebal dan intake di sudutnya. Lampu depan Alphard terlihat lebih ramping dan kini telah mengusung LED DRL yang tampak tersambung ke grillenya.

Di bagian dalam, terlihat lebih ‘bersih’ dengan minimnya kehadiran tombol-tombol, termasuk untuk mengatur AC dan kehadiran layar sentuh yang berada di atas kisi-kisi AC. Konsol tengahnya juga tampak lebih modern dengan kehadiran Electronic Parking Brake dengan Auto Brake Hold, pengaturan mode berkendara dan kontrol traksi, dan juga keberadaan instrumen klaster digital. Desain setirnya juga sudah baru.

Alphard dan Vellfire anyar ini menjadi mobil Toyota pertama yang sudah mengusung Universal Steps di sisi kiri dan kanan pintu geser. Alphard hadir dalam dua carian yakni Z dan Executive Lounge sementara Vellfire hadir dalam varian Z Premier dan Executive Lounge. Semua varian mengusung konfigurasi tempat duduk 2-2-2, sementara di baris kedua terdapat jok captain seat.

Baca Juga:   Haruskah Memanaskan Mesin Sepeda Motor?

Varian Executive Lounge tampaknya menyasar konsumen dari kalangan VIP, CEO karena jok captain seatnya hadir dengan meja lipat dan juga pemanas. Tak cuma itu, ada juga kontrol panel yang memungkinkan penumpang menyetel hiburan, mengatur AC, dan menutup jendela.

Baik Alphard maupun Vellfire diketahui sama-sama menawarkan opsi mesin hybrid. Untuk versi bensinnya ditawarkan dengan mesin berkode 2AR-FE berkapasitas 2.5L dan dipasangkan dengan transmisi Super CVT-i. Alphard versi bensin itu ditawarkan dengan pilihan penggerak 2WD dan 4WD. Sementara untuk opsi varian hybrid mengusung mesin A25A-FXS 2.5L dan dipasangkan dengan transmisi E-CVT. Alphard versi hybrid juga ditawarkan dengan pilihan penggerak 2WD dan E-Four.

Baca Juga:   Kuliah Malam S1 S2 Perencanaan Wilayah & Kota Di Jakarta

Sementara Vellfire versi bensin mengusung mesin 2.4 L turbo T24A-FTS dengan transmisi Direct Shift-8AT. Untuk penggerak rodanya ditawarkan dengan 2WD dan 4WD. Sementara untuk versi hybridnya sama dengan Alphard.

Di Jepang, Alphard ditawarkan dengan harga mulai 5,4 juta yen atau setara Rp 569 jutaan (1 yen= Rp 105,38) sampai yang termahal 8,72 juta yen setara Rp 918 jutaan. Sementara Vellfire dibanderol mulai 6,55 juta yen setara Rp 690 jutaan sampai 8,92 juta yen atau kalau dirupiahkan setara Rp 940 jutaan.

Loading

Berikan Komentar Anda