Terobosan Baru: ChatGPT Mampu Desain Logo, PPT, dan Iklan dengan Template Canva

Chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), ChatGPT kini kedatangan dukungan plugin baru, yakni untuk aplikasi desain grafis Canva.

Menurut ChatGPT, integrasi Canva ke ChatGPT ini merevolusi cara pengguna menghasilkan konten visual. Sebab, kini, pengguna ChatGPT kini bisa membuat desain logo, presentasi PPT, posting media sosial, hingga materi promosi/iklan dengan template Canva secara langsung di ChatGPT.

Hal ini dimungkinkan berkat dukungan plugin. Plugin adalah perangkat lunak (software) tambahan yang bisa menambah kemampuan suatu software atau layanan supaya bisa mengakses beragam konten ekstra dari sumber luar atau layanan pihak ketiga.

Plugin juga memungkinkan ChatGPT bisa berinteraksi dengan sistem antarmuka dari sebuah aplikasi (Application Programming Interface/API). Dalam kasus ini, ChatGPT menjadi bisa memanfaatkan layanan atau fitur yang ada di platform Canva.

Baca Juga:   Terungkap! Pegawai PT KAI Bongkar Modus Penipuan Charity dengan Berkedok Mahasiswa di Bandung

Untuk memanfaatkan fitur ini, pengguna harus membuka ChatGPT di browser mereka. Kemudian mencari ‘Plugin Store’ di bagian plugin. Di sini, plugin Canva dapat diinstal dengan mudah.

Setelah terinstal, pengguna dapat menuju ke jendela utama ChatGPT dan memilih ‘Canva’ dari bagian plugin.

Di kotak perintah chatbot, pengguna dapat mendeskripsikan visual yang ingin mereka buat. Misalnya, “Saya seorang penggemar AI yang aktif di Twitter. Buat banner untuk akun saya.”.

ChatGPT bakal memberikan deretan konten visual sesuai intruksi. Pengguna dapat memilih opsi favorit mereka, mengeditnya di Canva, dan mengunduhnya langsung untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Canva selama ini banyak digunakan pengguna karena memiliki fitur yang komplet. Dengan menggunakan Canva, pengguna bisa membuat tim, merencanakan konten, hingga menggunakan fitur Smartmockups untuk desain mereka.

Baca Juga:   Tema Debat Terakhir Capres 2024

Dalam aplikasi Canva, pengguna bisa membuat desain untuk presentasi, media sosial, video, produk cetak, situs web, dokumen, logo, resume, surat, dan masih banyak lagi.

Semua fitur Canva ini bakal bisa dinikmati ketika pengguna menggunakan ChatGPT. Demonstrasi pembuatan konten visual seperti PPT, banner, posting media sosial bisa disimak selengkapnya melalui threads X dari pengguna @markgadala di atas.

Integrasi Canva ke ChatGPT saat ini eksklusif untuk pengguna yang berlangganan ChatGPT Plus seharga 20 dollar AS atau setara dengan Rp 303.760 (kurs Rp 15.188) per bulan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Decrypt, Selasa (5/9/2023).

Langganan ini memberikan akses ke plugin Canva dan juga memungkinkan pengguna menggunakan model bahasa besar (LLM) GPT-4 yang baru. GPT-4 diketahui lebih pintar dan lebih mumpuni mendeteksi dan menjelaskan gambar.

Loading

Berikan Komentar Anda