Taiwan di Guncang Gempa M 7,5 Jepang Siap Hadapi Tsunami 3 meter

Pemerintah Jepang mengeluarkan perintah evakuasi bagi warga yang tinggal di wilayah pesisir di prefektur selatan Okinawa usai gempa bumi M 7,5 yang mengguncang Taiwan, yang memicu peringatan tsunami di Jepang. Jepang memperkirakan gelombang tsunami akan mencapai 3 meter di wilayah pantai barat daya Jepang.

Dilansir Reuters, Rabu (3/4/2024), gelombang tsunami setinggi hingga 3 meter diperkirakan akan mencapai sebagian besar wilayah pantai barat daya Jepang, menurut Badan Meteorologi Jepang. Peringatan itu muncul setelah gempa bumi sangat dangkal dengan kekuatan awal 7,5 SR terjadi di laut dekat Taiwan.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan Tsunami setinggi 30 cm telah terlihat mencapai Pulau Yonaguni pada pukul 09:18 (0018 GMT).

Baca Juga:   Gunung Ibu Erupsi Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1000 Meter

Dilansir NHK, peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk wilayah pesisir wilayah Miyakojima dan Yaeyama di barat daya Jepang dan pulau utama Okinawa, keduanya di Prefektur Okinawa.

Para pejabat meminta masyarakat di daerah tersebut untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi atau tempat yang aman sesegera mungkin. Para pejabat juga memperkirakan akan terjadi tsunami setinggi 3 meter di wilayah tersebut.

Jepang memperkirakan waktu tibanya tsunami adalah sebagai berikut, di wilayah Miyakojima-Yaeyama, pada pukul 09:30. Serta di wilayah pulau utama Okinawa, pada pukul 10 pagi.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang wilayah Taiwan hingga menyebabkan pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan tsunami. Pusat gempa berada di Kota Hualien, Taiwan.

Baca Juga:   D3 Bahasa Jepang (UTAMA) Universitas Widyatama Bandung

Dilansir AFP, Rabu (3/4/2024), Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa tersebut berkekuatan 7,4 skala richter. Pusat gempa berada di 18 km selatan Kota Hualien, Taiwan. Gempa tersebut memiliki kedalaman 34,8 Km.

Pemerintah Jepang kini telah mengeluarkan peringatan terjadinya tsunami imbas gempa M 7,5 di Taiwan. Badan Meterologi Jepang memperkirakan tsunami akan segera terjadi di pulau-pulau terpencil Jepang di dekat Taiwan.

Loading

Berikan Komentar Anda