Strategi Rumah Sakit Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Sesuai Standart Akreditasi Versi Terbaru Share


Strategi Rumah Sakit Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Sesuai Standart Akreditasi Versi Terbaru

Diusianya yang baru Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) Universitas Esa Unggul berhasil mengadakan Seminar Dan Workshop “Strategi Rumah Sakit Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Sesuai Standart Akreditasi Versi Terbaru”, pada hari kamis 10 November 2016 bertempat di Kemala Ballroom. Acara ini juga menggandeng Sanbe Infusion sebagai sponsor.
Para Pembicara di Acara Seminar dan Workshop

para-pembicara-di-acara-seminar-dan-workshop

Para Pembicara di Acara Seminar dan Workshop

Prodi MARS yang di motori oleh Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA sukses mengadakan acara ini, acara yang dikuti oleh 200 peserta dari berbagai instasi Rumah Sakit maupun kalangan akademisi, dengan pembicara :

dr. Adib Yahya, MARS (Direktur RS MMC Jakarta, Surveyor KARS), dengan tema : “Program Keselamatan Pasien Rumah Sakit Sebagai Salah Satu Antisipasi Rumah Sakit dalam Menghadapi Kejadian yang Tidak Diharapkan Baik Dibidang Medis Maupun Tuntutan Hukum”

Dr. Henry Boyke Sitompul, SpB, FICS, KARS, dengan tema : “Meningkatkan Profesionalisme Program Pemberi Asuhan (Dokter, Perawat, Apoteker, Ahli Gizi) Pada Pelayanan Berfokus pada Pasien”.

dr. Anastiana Tahjoo, MARS (CEO RS Siloam Karawaci Tangerang) dengan tema : “Strategi Rumah sakit dalam Mempersiapkan Tenaga Non Medis (IPSRS, House Keeping) dalam Upaya Meningkatkan Manajemen Fasilitas Keselamatan Dan Pencegahan Infeksi”.

Acara ini di buka langsung oleh Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma AP., MBA. Rektor pada kesempatan ini juga menekankan kesiapan Indonesia dalam era MEA dimana Rumah Sakit masa kini menghadapi tantangan-tantangan berat, termasuk menghadapi era globalisasi. Globalisasi ekonomi dan liberalisasi perdagangan serta investasi adalah lahan dasar untuk sistem pasar bebas. Pasar bebas berarti persaingan bebas, termasuk persaingan bebas dalam jasa pelayanan kesehatan.
Saat Pemberian Plakat

saat-pemberian-plakat

Saat Pemberian Plakat
Foto Bersama Pembicara serta Peserta

foto-bersama-pembicara-serta-peserta

Foto Bersama Pembicara serta Peserta

Sekilas MASR Universitas Esa Unggul

Pada hakekatnya RS berfungsi sebagai tempat penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan serta fungsi dimaksud memiliki makna tanggung jawab yang seyogyanya merupakan tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Dari aspek pembiayaan RS memerlukan biaya operasional dan investasi yang besar dalam pelaksanaan kegiatannya, sehingga perlu didukung dengan ketersediaan pendanaan yang cukup dan berkesinambungan serta pengelolaannya perlu menggunakan prinsip-prinsip ekonomi.

Mengantisipasi dampak globalisasi perlu didukung dengan peraturan perundang‐undangan yang memadai. UU N0. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, menyebutkan bahwa dalam rangka peningkatan mutu dan jangkauan pelayanan RS serta pengaturan hak dan kewajiban masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesesehatan, maka dalam UU No. 44 tahun 2009 Pasal 36 menyebutkan bahwa setiap RS harus menyelenggarakan tata kelola RS dan tata kelola klinis yang baik. Tata kelola RS yang baik adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen RS yang berdasarkan prinsip‐prinsip tranparansi, akuntabilitas, independensi dan responsibilitas, kesetaraan dan kewajaran. Tata kelola klinis yang baik adalah penerapan fungsi manajemen klinis yang meliputi kepemimpinan klinik, audit klinis, data klinis, risiko klinis berbasis bukti, peningkatan kinerja, pengelolaan keluhan, mekanisme monitor hasil pelayanan, pengembangan profesional dan akreditasi rumah sakit.

Sejalan dengan hal tersebut UU No. 44 tahun 2009 pasal 34 Kepala Rumah Sakit harus mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang perumahsakitan. Oleh karena itu, program studi Administrasi Rumah Sakit (S2) Universitas Esa Unggul diharapkan mampu nencetak para manajer RS yang berkualitas dan relevan sesuai kebutuhan pasar dunia perumahsakitan dan perundang- undangan yang berlaku.

Hotline Service dan WA : 0812 86 1111 60 / 085288111159

— Download Strategi Rumah Sakit Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Sesuai Standart Akreditasi Versi Terbaru as PDF —

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

Loading

Berikan Komentar Anda