Siap Mudik Bersama Si Kecil? Jangan Lupa Bawa Obat-obatan Ini !

Mudik bersama si kecil bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika tahun ini adalah pertama kalinya mudik bersama anak, setelah pandemi Covid-19 menunda pengalaman mudik selama kurang lebih tiga tahun belakangan.

Selain persiapan fisik, kendaraan, dan perbekalan, ada satu hal yang cukup penting dipersiapkan saat hendak mudik dengan anak. Hal itu yakni obat-obatan yang diperlukan untuk keadaan darurat saat si kecil tiba-tiba sakit di tengah perjalanan.

Ketua unit kerja Koordinasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Ririe Fachrina, mengatakan perlengkapan obat-obatan sangat penting dibawa saat mudik. Gunanya untuk pertolongan pertama atau pencegahan jika si kecil tiba-tiba meriang atau tidak enak badan.

Obat-obatan ini wajib dibawa saat mudik dengan kendaraan pribadi, maupun dengan menggunakan angkutan umum.

Baca Juga:   Masyarakat Berharap Pemerintah Revisi Masa Berlaku SIM, Tak Hanya 5 Tahun tapi Seumur Hidup

“Kami ingatkan, bahwa persediaan untuk P3K sebaiknya dibawa karena walaupun tidak ingin ada hal buruk terjadi, tapi ini bisa digunakan sebagai tindakan pencegahan,” kata Ririe dalam konferensi pers virtual yang digelar IDAI, Selasa (4/4).

Lantas, obat-obatan apa saja yang harus dibawa?

Berikut daftar obat yang wajib ada saat mudik bersama si kecil:

1. P3K
Mulai dari obat luka, alkohol pembersih luka, kasa perban, kapas, tisu, salep, obat tetes luka, hingga hansaplast wajib ada di kotak obat-obatan Anda. Obat luka luar ini wajib dibawa, karena bagaimanapun, antisipasi terjadinya kecelakaan atau terluka saat di jalan harus diwaspadai.

2. Obat pribadi si kecil
Jika si kecil rutin meminum obat tertentu, jangan lupa untuk dibawa. Obat ini penting, terutama saat si kecil hendak mudik, baik di perjalanan maupun untuk di tempat tujuan.

Baca Juga:   Tips Beralih dari Pekerja Kantoran Menjadi Wirausaha

3. Obat alergi
Anda tidak pernah tahu makanan apa saja yang akan ditemui di perjalanan mudik maupun di tempat tujuan. Selalu sediakan obat alergi, untuk antisipasi Anda maupun si kecil mengalami alergi saat mudik.

4.Minyak angin dan minyak urut
Minyak angin dan minyak urut cukup penting dibawa saat dalam perjalanan. Minyak angin biasanya memberi efek hangat pada area tubuh yang dioles. Hal ini baik untuk menjaga kehangatan tubuh agar terhindar dari angin malam yang bisa bikin demam.

5. Obat-obatan demam
Penting untuk membawa segala jenis obat-obatan demam dan flu untuk si kecil. Bawa obat yang biasa dikonsumsi si kecil dan tentunya setelah melakukan konsultasi dengan dokter.

Baca Juga:   Hasil Liga Champions PSG Vs Newcastle United

6. Oralit
Oralit dibawa bukan sebagai syarat menghindari dehidrasi saat sahur. Oralit dibawa untuk antisipasi anak terkena diare saat menjalani perjalanan mudik.

Loading

Berikan Komentar Anda