Rahasia Panjang Umur? Ini 5 Kebiasaan Siang Hari di ‘Negara-negara Sehat’ yang Patut Ditiru

Ingin sehat dan panjang umur? Coba intip kebiasaan siang mereka yang hidup di blue zones alias zona Biru. Kebiasaan-kebiasaan di siang hari ini bisa bikin panjang umur.

Sejumlah area dimasukkan dalam kategori ‘blue zones’ alias zona biru karena angka penyakit kronis rendah dan angka harapan hidup yang tinggi. Istilah ini pertama kali digagas oleh penulis Dan Buettner.

Dia melakukan studi di area di mana penduduknya berumur panjang. Seperti dikutip dari Healthline, dalam bukunya, The Blue Zones, ada lima area atau komunitas yang dimaksud, yakni Ikaria (Yunani), Sardinia (Italia), Okinawa (Jepang), Semenanjung Nicoya (Kosta Rika), dan Seventh-day Adventists (AS).

Apa yang bikin mereka bisa berumur panjang? Ternyata salah satu jawabannya ada pada kebiasaan mereka di siang hari.

Baca Juga:   Spesifikasi Motor Honda Terbaru dengan Desain Mirip Vespa, Dijual dengan Harga Rp 17 Jutaan

Ingin mencoba kebiasaan siang hari mereka yang bikin umur panjang? Cek daftarnya berikut ini.

1. Prioritaskan makna bukan produktivitas

Warga zona biru sehari-hari mengorientasikan diri pada makna, bukan tujuan jangka pendek yang mendorong mereka melakukan hal sebanyak mungkin.

Di Kosta Rika, mereka menyebutnya ‘plan de vida’. Sementara di Okinawa, mereka menyebutnya ‘ikigai’.

“Orang-orang di zona biru benar-benar bekerja untuk hidup, dan di banyak masyarakat produktif, kita benar-benar hidup untuk bekerja, dan saya tidak tahu apakah stres Anda akan jauh lebih baik kecuali Anda dapat membalik dinamika itu,” kata Robert Agnello, asisten profesor kesehatan keluarga dan periset zona biru, seperti dilaporkan Well and Good.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI Jakarta 2024/2025

2. Makan siang santai dengan orang lain

Sebisa mungkin, nikmati makan siang Anda tidak di meja kerja. Dari riset Buettner, orang Ikaria dan Sardinia menjadikan makan siang sebagai kegiatan berkumpul atau bersosialisasi.

Agnello berkata, mereka mengonsumsi makanan antiinflamasi dengan banyak vitamin dan nutrisi seperti kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, buah-buahan segar, biji-bijian, dan sayuran hijau.

3. Bergerak

Warga zona biru tidak ke gym atau olahraga memakai peralatan khusus. Mereka cukup rajin bergerak, seperti mengendarai sepeda atau jalan kaki untuk mobilitas harian.

Di siang atau sore hari, temukan waktu untuk bergerak dengan cara yang menyenangkan. Lakukan dengan rutin sebab gerakan teratur akan menyehatkan jantung.

4. Tidur siang

Baca Juga:   Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Australia di Piala Asia U-23 2024

Siang hari bisa dimanfaatkan untuk tidur siang (napping). Di beberapa wilayah zona biru, tidur siang berguna untuk mengatasi panas dan memulihkan energi.

Rupanya studi membuktikan bahwa tidur siang berkontribusi terhadap umur panjang. Sebuah studi longitudinal pada lebih dari 200 ribu orang Yunani menemukan korelasi tidur siang teratur dan kesehatan jantung.

5. Luangkan waktu bersosialisasi

Manusia pada dasarnya makhluk sosial. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesejahteraan emosional dan fisik.

Ikatan ini bisa mencegah kesepian yang berkaitan dengan penurunan kesehatan mental dan fisik.

Jika memang tidak bisa makan siang bersama teman atau keluarga, coba sisihkan waktu untuk berkirim pesan atau menelepon mereka. Interaksi singkat ini bisa menyegarkan hari Anda.

Loading

Berikan Komentar Anda