Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis

Salah satu jurusan yang bisa dipilih siswa IPS saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi adalah Administrasi Bisnis.

Jurusan Administrasi Bisnis merupakan jurusan perkuliahan yang mempelajari berbagai hal tentang dunia bisnis.

Siswa kelas 12 yang tahun depan akan melanjutkan pendidikan, khususnya yang ingin bekerja di perkantoran, bisa memilih jurusan ini karena prospek kerjanya juga cukup terbuka lebar.

Pasalnya tiap kantor tentu banyak membutuhkan keahlian dari lulusan administrasi.

Dilansir dari laman Universitas Ciputra, Sabtu (5/8/2023) Jurusan Administrasi Bisnis merupakan salah satu disiplin ilmu di perguruan tinggi yang mempelajar materi bisnis, marketing, akuntasi, dan sumber daya manusia secara bersamaan.

Prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis

Skill utama yang dikuasai dalam bidang manajemen membuat lapangan kerja bagi lulusan Administrasi Bisnis juga luas.

Baca Juga:   Ukuran Karbon Monoksida dan Hidrokarbon dalam Uji Emisi Kendaraan

Tidak terbatas hanya sebagai pegawai kantor biasa, namun ada banyak posisi yang bisa dipilih.

Selain itu, jurusan ini juga memberikan kesempatan untuk lulusannya mendapatkan jenjang karier yang panjang di dunia kerja.

Berikut informasi mengenai prospek kerja seorang lulusan Administrasi Bisnis dan kisaran gajinya di Indonesia.

1. Staf Administrasi

Prospek kerja Jurusan Administrasi yang pertama adalah menjadi bagian dari staff administrasi yang pasti dibutuhkan oleh perusahaan.

Kualifikasi untuk menjadi seorang staff administrasi tentunya harus berasal dari jurusan yang terkait. Salah satu jurusan yang paling potensial untuk diterima tentu saja Jurusan Administrasi.

2. Staf sumber daya manusia

Prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis berikutnya adalah menjadi bagian dari bidang Sumber Daya Manusia atau dalam sebuah perusahaan disebut sebagai HRD.

Bagian ini bertugas menyeleksi rekrutmen pegawai baru dan mengawasi kinerja pegawai lama. Posisinya sangat vital dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga:   Biaya Kuliah STIE Bisnis Indonesia 2022/2023

Untuk menjadi seorang staff Sumber Daya Manusia setidaknya harus menguasai skill komunikasi. Hal ini erat kaitannya dengan ilmu yang dipelajari di Jurusan Administrasi Bisnis. Sehingga tidak menutup kemungkinan lulusan Jurusan Administrasi Bisnis juga bisa bekerja di bidang Sumber Daya Manusia atau HRD.

3. Bagian manajemen kantoran

Menjadi bagian dari manajemen kantoran sudah tentu menjadi prospek kerja paling menjanjikan.

Lulusan Administrasi memang ditempa dengan ilmu kantoran sehingga sangat relate dengan dunia manajemen. Oleh karena itu, perusahaan cenderung memilih lulusan administrasi untuk mengisi posisi manajemen.

4. Bagian pemasaran

Menjadi bagian dari manajemen kantoran sudah tentu menjadi prospek kerja paling menjanjikan.

Lulusan Administrasi memang ditempa dengan ilmu kantoran sehingga sangat relate dengan dunia manajemen. Oleh karena itu, perusahaan cenderung memilih lulusan administrasi untuk mengisi posisi manajemen.

Baca Juga:   Saat Ini Pemprov DKI Buka Lowongan Kerja Tenaga Ahli Bidang Teknologi Informasi, Gajinya Rp 12,6 Juta/Bulan

4. Bagian pemasaran

Prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis berikutnya adalah bisa menjadi bagian dari departemen pemasaran. Hal ini disebabkan karena ilmu yang dipelajari saat kuliah juga mencakup strategi pemasaran.

5. Entrepreneur

Jika kamu sudah terlanjur memilih Jurusan Administrasi Bisnis namun tidak berminat bekerja kantoran, kamu bisa membuka bisnis sendiri lho.

Dengan bekal ilmu yang dimiliki, tentunya kamu bisa membuka bisnis sendiri dan menciptakan lapangan kerja.

Selain prospek kerja Jurusan Administrasi Bisnis yang cukup luas, besaran pendapatannya pun juga cukup menjanjikan lho.

Menurut penelitian, estimasi minimum gaji seorang lulusan administrasi di Indonesia sekitar Rp 3 juta.

Loading

Berikan Komentar Anda