Program Beasiswa S1 Untuk Kuliah di Tahun 2018

Halo, Good People Squad! Bagi kamu yang sekarang duduk di bangku SMA/sederajat, tentu setelah lulus ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, kan? Namun keinginan tersebut kadang harus terhambat karena biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Eits, tapi jangan khawatir! Ternyata ada, lho, beasiswa S1 yang bisa kamu dapatkan mulai dari yang ditanggung secara penuh ataupun setengah. Penasaran apa saja? Yuk, scroll!

1. Beasiswa Bidikmisi

Untuk yang akan lulus di tahun 2018 atau sudah lulus di tahun 2017 kemarin, kamu bisa mendaftar beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi berupa pemberian fasilitas pembebasan biaya pendidikan dan subsidi hidup. Saat ini, sudah ada 432.409 mahasiswa yang menerima beasiswa Bidikmisi, lho. Penerima beasiswa akan mendapatkan minimal Rp650.000,00 per bulan yang akan diberikan setiap tiga bulan sekali. Jangan khawatir, biaya pendidikan kamu akan ditanggung mulai dari semester satu hingga kamu lulus nanti baik yang masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun ujian mandiri, Squad.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Institut Teknologi Nasional Bandung 2024/2025

Tidak hanya beasiswa S1, Bidikmisi juga diperuntukkan bagi kamu yang menempuh pendidikan D4 hingga D1. Kriteria pendaftar beasiswa ini adalah siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan sejenis. Tenang saja, jika kamu bukan penerima kartu tersebut, kamu masih bisa mendaftar, kok. Tetapi kamu harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau surat lainnya yang memudahkan verisifikasi. Untuk mendaftar Bidikmisi, sekolah akan merekomendasikan kamu dan kemudian kamu akan mendapatkan kode pendaftaran serta kode akses Bidikmisi. Nah, berikut merupakan jadwal pendaftaran Bidikmisi tahun 2018:

2. Beasiswa DataPrint

Selain beasiswa berupa pembebasan biaya kuliah, ada juga beasiswa pemberian uang tunai, lhoYap, beasiswa DataPrint akan memberikanmu dana sebesar Rp1.000.000 untuk 10 orang, Rp600.000 untuk 20 orang, dan Rp400.000 untuk 170 orang. Uang ini bisa kamu gunakan untuk tambahan biaya mendaftar kuliah, Squad. Nah, kriteria pendaftar beasiswa DataPrint adalah pelajar/mahasiswa aktif dari SMP/SMA hingga perguruan tinggi untuk jenjang D3/D4/S1. Selain itu, kamu juga harus terlibat aktif di organisasi sekolah atau universitas, tidak terlibat narkoba atau pernah melakukan tindak kriminal, dan tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan lain. Setelah memenuhi kritera-kritera tersebut, kamu perlu mengisi formulir dan menulis esai sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Panjang penulisan esai tidak kurang dari 100 kata dan tidak lebih dari 500 kata.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Sekolah Pariwisata Trisakti 2022/2023

Perlu diingat, ya Squad, satu nomor kupon yang terdapat di dalam produk DataPrint, hanya berlaku untuk satu kali registrasi dengan logo program 2018. Tetapi, khusus untuk pendaftaran di periode 1 tahun 2018, kamu masih bisa menggunakan kode kupon yang berlaku di tahun 2017. Berikut merupakan periode seleksinya, Squad:

  • Pendaftaran periode 1: 15 Januari – 10 Juni 2018
  • Pengumuman peiode 1: 2 Juli 2018
  • Pendaftaran periode 2: 5 Juli – 16 Desember 2018
  • Pengumuman periode 2: 7 Januari 2019

Bagaimana Squad, apa kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa? Selain memudahkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan beasiswa kamu juga akan meringankan beban orang tua. Di samping itu, beasiswa-beasiswa yang ditawarkan tersebut juga memudahkan kamu untuk belajar di perguruan tinggi ternama seperti President University. Tidak tanggung-tanggung beasiswa kuliah Ruangguru bersama President University akan memberikanmu dana dengan total 66 miliar, lho. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera daftarkan diri kamu untuk memperoleh beasiswa S1 dan buat #BelajarJadiLuarBiasa!

Loading

Berikan Komentar Anda