Presiden Jokowi Gunakan Pakaian Adat Tanimbar Maluku Saat Hadiri Sidang Tahunan MPR di Senayan

Presiden Joko Widodo menghadiri sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (16/8/2023).

Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo sekitar pukul 08.30 WIB. Kepala Negara tampak mengenakan pakaian adat dan Ibu Negara mengenakan kebawa warna cokelat.

Diketahui, Jokowi menggunakan pakaian adat Tanimbar Maluku. Sebelum masuk ke area sidang, Presiden Jokowi sempat melambaikan tangan kepada wartawan yang memanggil-manggil namanya.

Pantauan Kompas.com, para tamu lain juga sudah hadir untuk mengikuti sidang tahunan kali ini.

Antara lain, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istri, Wury Ma’ruf Amin, juga hadir di kompleks parlemen.

Selain itu tampak juga, Ketua Komisi III DPR Arsul Sani, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel dan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Lantik 833 Perwira TNI-Polri Tahun 2023 di Istana Merdeka Jakarta

Kemudian, hadir pula Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Situ Nurbaya Bakar, Panglima TNI Yudo Margono, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Agung Laksono, Ketua MPR Bambang Soesatyo, pelaksana tugas (plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono.

Lalu hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Seluruh tamu yang hadir pada Rabu pagi mayoritas mengenakan pakaian sipil lengkap (PSL) berupa setelan jas dan celana panjang.

Dalam sidang ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan pidato tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato negara dalam rangka HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada siang nanti, Jokowi dan Ma’ruf juga akan menghadiri Sidang Paripurna ke-1 DPR RI. Dalam sidang siang nanti, Jokowi akan kembali menyampaikan pidato, yakni dalam rangka penyampaian pengantar/keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Loading

Berikan Komentar Anda