Pendaftaran CPNS IKN Dibuka Juli-Agustus, Tertarik Pindah ke Ibu Kota Baru?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, memberikan penjelasan mengenai formasi khusus Aparatur Sipil Negara (ASN) lewat tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditempatkan di ibu kota baru yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Azwar Anas, pemerintah telah menetapkan formasi khusus untuk CPNS yang akan ditempatkan di IKN. Pengumuman ini disampaikan setelah rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada hari Senin (1/7/24).

Dalam rapat tersebut, dibahas persiapan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke IKN yang merupakan bagian dari rencana besar pemindahan ibu kota negara.

Desas-desus mengenai dibukanya pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada bulan Juli ini sendiri sudah terdengar cukup lama. Namun akhirnya terungkap berkat penjelasan dari Azwar.

Baca Juga:   Biaya Kuliah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Api Yogyakarta 2024/2025

Lowongan CPNS di IKN sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memastikan kelancaran proses pemindahan dan operasionalisasi IKN. Selain itu, bertujuan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten di wilayah Kalimantan Timur.

Azwar menjelaskan bahwa untuk tahun 2024, telah disediakan formasi sebanyak 130.341 CPNS di berbagai instansi pemerintah pusat. Dari jumlah tersebut, terdapat 600 formasi khusus yang diperuntukkan bagi Otorita IKN dan 40.021 formasi untuk kementerian/lembaga yang akan beroperasi di IKN.

“Pemerintah memberikan afirmasi sebesar 5 persen untuk putra/putri terbaik Kalimantan dari total 40.021 formasi CPNS di IKN,” kata Azwar dilansir dari Antara.

CPNS di IKN sebanyak 40.021 formasi dan warga Kalimantan mendapatkan jatah 5 persen. Dengan kata lain, sekitar 2.000 formasi secara khusus diperuntukkan bagi putra dan putri Kalimantan fresh graduate. Langkah ini dilakukan guna memberdayakan masyarakat lokal dalam pembangunan dan pemerintahan di IKN.

Baca Juga:   Hasil Vietnam vs Timnas Indonesia 0-3 di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pengalokasian formasi CPNS khusus untuk IKN dijadwalkan akan dibuka pada bulan Juli hingga Agustus mendatang. Saat ini, pemerintah juga sedang menyiapkan skenario pemindahan ASN secara bertahap dari Jakarta ke IKN. Azwar menambahkan bahwa akan ada mutasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari pemerintah daerah sekitar IKN yang akan melalui proses seleksi terbuka dan kompetitif.

“Mutasi ini bertujuan agar ASN yang pindah atau dimutasi dari pemda sekitar Kalimantan adalah mereka yang memiliki kualifikasi tinggi, talenta digital, dan kemampuan multitasking. Mereka diharapkan mampu memberikan layanan sesuai dengan standar Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” ungkap Azwar.

Loading

Berikan Komentar Anda