Pendaftaran Beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir 2024, Catat Syaratnya

Bagi para calon cendekiawan muslim yang ingin memperdalam ilmu di salah satu universitas Islam ternama dunia, Universitas Al-Azhar Mesir, Universitas tertua di dunia ini kembali membuka peluang emas bagi putra putri terbaik bangsa untuk meraih beasiswa penuh di tahun 2024.

Pendaftaran dibuka mulai Agustus hingga pertengahan Oktober 2024. Kesempatan ini terbuka bagi para lulusan Madrasah Aliyah (MA) dan pondok pesantren yang memiliki tekad kuat dan potensi cemerlang untuk menimba ilmu di Al-Azhar.

Beasiswa ini tidak hanya menanggung biaya kuliah saja, tetapi akomodasi, uang saku, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Bagi calon mahasiswa baru, wajib mengikuti placement test atau tahdid mustawa dan matrikulasi sebagai syarat kuliah dan ujian, baik di jalur beasiswa maupun non-beasiswa.

Seleksi beasiswa Universitas Al-Azhar Mesir di Indonesia akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama. Lulusan MA dan Pondok pesantren bisa mendaftar, seperti dikutip dari laman Ditjen Pendis Kemenag No B-188/DJ.I/PP.04/052024 tentang Uji Kompetensi (Ikhtibar Tashfiyah/Tahdid Mustawa) bagi calon mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir Beasiswa dan Non-Beasiswa 2024.

Baca Juga:   5 Mata Kuliah Teraneh di Universitas

Syarat beasiswa kuliah di Universitas Al-Azhar 2024

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Ijazah MA, pendidikan Diniyah Formal Ulya, Satuan Pendidikan Muadalah atau yang sederajat dari pondok pesantren yang telah terakreditasi di Kemenag RI.
  3. Ijazah tahun 2024 dan yang tidak lebih dari 3 tahun sejak tanggal dikeluarkannya.
  4. Kompetensi bahasa Arab dan penguasaan ilmu-ilmu keislaman.
  5. Komitmen kebangsaan yang kuat dan wawasan moderasi beragama.

Jadwal uji kompetensi masuk Universitas Al-Azhar

  1. Pendaftaran Seleksi : 14-24 Mei 2024.
  2. Penjelasan teknis uji kompetensi 25 Mei 2024.
  3. Uji kompetensi bahasa oleh MSZ Cairo: 27-28 Mei 2024.
  4. Pengumuman hasil uji kompetensi bahasa: 4 Juni 2024.
  5. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 6-7 Juni 2024.
  6. Pengumuman hasil akhir : 11 Juni 2024.
Baca Juga:   Tangan Serda Wira Sinaga Diborgol dan Kakinya Dirantai. Ternyata Ini Alasannya

Ketentuan Uji Kompetensi dan Tes Wawasan Kebangsaan

1. 20 Orang terbaik berdasarkan hasil uji kompetensi akan diajukan sebagai calon penerima beasiswa penuh Al-Azhar 2024-2025 jika pihak kampus via Kedutaan Besar Mesir di Jakarta sudah menyampaikan kuota beasiswa pada Kemenag.

2.Semua peserta yang lolos uji kompetensi berhak mendapat rekomendasi studi dari Kemenag, baik lewat jalur beasiswa maupun jalur non-beasiswa.

3. Jika sudah lolos uji kompetensi, semua peserta ujian dapat segera mengikuti matrikulasi bahasa Arab atau daurat al-lughah di lembaga yang diakui Universitas Al-Azhar Mesir.

4. Semua peserta ujian yang lolos uji kompetensi dapat melakukan tahapan pemberkasan dan pendaftaran di Universitas Al-Azhar Mesir secara perorangan maupun kolektif lewat lembaga terpercaya.

Baca Juga:   Pemkab Magelang Buka Lowongan 825 Formasi CPNS dan PPPK, Catat Rinciannya

5. Uji kompetensi digelar Kemenag RI bersama Markaz Syekh Zayed Li Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah Li Ghayr an-Nathiqina Biha (Markaz Syekh Zayed/MSZ), lembaga yang diakui dan berada di bawah koordinasi Al-Azhar, melalui cabang resminya di Indonesia, yakni Pusat Studi Islam dan Bahasa Arab (Pusiba)

6. Calon mahasiswa baru dengan ijazah yang sudah mendapat akreditasi mu adalah resmi setara SLTA Al-Azhar bisa memilih untuk ikut tahdid mustawa/ikhtibar tashfiyah ini atau langsung mendaftar ke Al-Azhar sesuai ketentuan

7. Tes Wawasan Kebangsaan dilaksanakan oleh Tim Pokja Moderasi Beragama Kemenag RI.

8. Pusiba mengumumkan prosedur pendaftaran, persyaratan, biaya, teknis pelaksanaan, dan lainnya melalui https://pusiba.com

Loading

Berikan Komentar Anda