Memikat Hati dengan Pesona Bola Mata Tiga Warna Kisah Amelia Anggraeni dari Bandung yang Menarik Perhatian

Aneh tapi nyata, bola mata bocah bernama Amelia Anggraeni seperti menggunakan lensa kontak, matanya indah dengan perpaduan tiga warna. Bola mata tak biasa itu rupanya merupakan bawaan dari lahir.

Amelia yang pada 2019 lalu masih berumur 2,5 tahun menyedot perhatian warganet kala itu. Anak dari pasangan suami istri Reni Nuryani (32) dan Hendra Kuswandi (30) itu tinggal di Kampung Sukamanah II, Kelurahan Wates, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung.

Dijumpai tim detiKJabar di rumah sederhananya pada 2019 lalu, Reni mengaku sempat kaget melihat dua bola mata anaknya yang berwarna putih. Tak hanya itu, Reni semakin resah saat mengetahui kedua bola mata Amel memiliki tiga warna kemudian.

Dia dan sang suami pun memeriksakan kondisi mata anaknya ke Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Usai melakukan pemeriksaan medis, Rani bisa bernapas lega karena dokter menyebut jika mata anaknya ini normal.

“Pas lahir, bola mata warnanya putih. Saya resah. Setelah dibawa ke dokter di Rumah Sakit Mata Cicendo, alhamdulillah Amel dinyatakan sehat. Nggak kenapa-kenapa katanya,” kata Reni.

Reni mengungkapkan, warna yang ada di bola mata Amel bakal berubah menjadi biru saat terkena sinar matahari dan juga bisa berubah warna kembali menjadi hitam.

Baca Juga:   Jadwal Aturan Ganjil Genap Selama Mudik 2024

“Biasanya pas siang warnanya abu-abu, kadang bisa berubah warna menjadi biru banget. Namun pas malam hari menjadi warna hitam biasa,” ungkap Reni.

Reni menuturkan, banyak orang yang menganggap mata warna Amel itu palsu. “Ada yang bilang bohongan, ada juga bilang pake lensa mata. Ini asli, bawaan sejak lahir, ujarnya.

Selain warna bola mata yang bisa berubah menjadi warna biru, abu dan hitam. Warna rambut Amel juga bisa berubah menjadi pirang. “Kadang warnanya hitam banget, kadang juga berubah warna menjadi pirang. Enggak tahu kenapa,” tutur Reni.

Amel memiliki adik bernama Aprilia Putri berusia empat bulan. Adik Amel tidak memiliki warna mata seperti Amel, begitu pun ayah dan ibunya.

“Adiknya normal, kirain bakal seperti Amel warna matanya. Tidak ada keturunan mata berwarna biru, semuanya sama. Nenek dan kakek nya juga sama,” terangnya.

Selain warna bola mata yang bisa berubah menjadi warna biru, abu dan hitam. Warna rambut Amel juga bisa berubah menjadi pirang. “Kadang warnanya hitam banget, kadang juga berubah warna menjadi pirang. Enggak tahu kenapa,” tambah Reni.

Baca Juga:   Jalan Tol Bocimi Longsor, Ada Mobil Ikut Terperosok

Buruan Orang untuk Berswafoto

Karena memiliki warna mata yang cantik Amel kerap menjadi buruan banyak orang untuk berswafoto. Bahkan menurut Reni, Amel menjadi viral di medsos karena foto anaknya itu banyak dibagikan orang-orang.

“Banyak warga yang ingin di foto sama Amel, katanya anaknya lucu,” kata Reni.

Reni juga menceritakan pengalaman lain, saat memeriksakan mata Amel ke rumah sakit. Amel sempat diminta untuk dirawat hingga dewasa oleh salah satu dokter.

“Iya ada dokter yang suka melihat mata Amel, sampai memintanya ke saya,” tambahnya.

Meski bola mata dan rambut Amel memiliki warna yang berbeda dengan bocah sebayanya, tidak ada perubahan perilaku dalam diri Amel.

Penjelasan Ilmiah Soal Perubahan Warna Mata

dr Dominica Herlijana, Dokter Spesialis Mata RS Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung mengatakan, yang menentukan warna mata Amel yakmi pigmen di irisnya.

“Kalau warna mata sebenernya, tergantung warna pigmen di irisnya. Warnanya bagaimana tergantung melanin atau zat pembentukan warna, berapa banyak kadar melanin itu tergantung genetis,” katanya via sambungan telepon.

Baca Juga:   Cara Blokir STNK untuk Menghindari Pajak Progresif dengan Mudah

Dia mengungkapkan, perubahan warna bola mata yang terjadi pada Amel bisa juga terjadi karena faktor turunan. Meskipun ibu bapak Amel tidak bermata biru, bisa saja nenek moyangnya dulu.

“Kakek Nenek Moyangnya kali ada yang bule. Karena beberapa daerah di Indonesia memang ada, kaya di Aceh, Halmahera dan Sulawesi Utara ada beberapa penduduknya bermata biru, ternyata memang dulu di situ banyak yang nikah sama orang Portugis,” ungkapnya.

Ia berujar, meski warna bola mata Amel tidak seperti anak sebayanya, Dominica mengklaim warna mata itu tidak menjadi masalah dan bukan kelainan genetis.
“Enggak masalah, cuman kadar sel melanosit dia enggak sebanyak orang yang matanya coklat,” ujarnya.

Dalam pengalamannya, ia belum pernah menangani pasien dengan mata berwarna biru, tapi anak albino yang memiliki warna bola mata berwarna hijau pernah.

“Albino gitu, warnanya agak kehijuaan itu karena pigmen sangat rendah jadi enggak bisa coklat. Warna mata juga bisa dipengaruhi pembiasan cahaya. Di mata kita kan ada mineralnya, kandungan protein nya, itu mempengaruhi juga. Efek pantulan warna yang keluar,” pungkasnya.

Loading

Berikan Komentar Anda