Kuliah Online Kelas Karyawan S1 S2 Universitas Esa Unggul

Bersama ini kami sampaikan informasi tentang Kuliah Online Kelas Karyawan S1 S2 Universitas Esa Unggul sebagai berikut:

Metode kuliah online atau biasanya disebut Elearning di Universitas Esa Unggul telah dilaksanakan sejak tahun 2010, dimana dalam pelaksanaannya, perkuliahan metode online yang direncanakan telah dengan baik, dengan menerapkan berbagai macam teknologi dan metode pengajaran baru untuk memastikan pengalaman dan kualitas hasil pembelajaran yang menyamai atau bahkan melebihi, kuliah konvensional (tatap muka).

Pengertian Kuliah Online atau sistem perkuliahan berbasis daring, kuliah online disebut juga e-Learning atau Online Course adalah proses perkuliahan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, dalam hal ini internet.

INFORMASI BIAYA KULIAH DAN PENDAFTARAN KULIAH ONLINE KLIK DISINI

Dalam perkuliahan online atau kuliah non tatap muka ini, mahasiswa tidak dituntut rutin datang ke kampus. Kuliah Online juga merupakan salah satu sarana pembelajaran interaktif. Dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan media internet. Dosen dapat memberikan materi kuliah, baik berupa file, video, maupun tulisan (teks). Dengan kuliah online, seorang dosen juga bisa mengajar di beberapa tempat secara bersamaan.

Baca Juga:   Ini 15 Kampus Kuliah Online Untuk Karyawan

Mahasiswa bisa mendapatkan materi perkuliahan berupa file atau bacaan dari dosen yang bersangkutan, mengirimkan pertanyaan kepada dosen mata kuliah tersebut, mengirimkan kontak pada mahasiswa lain, melihat informasi dari dosen yang bersangkutan, dan melakukan ujian pada waktu yang telah ditetapkan.

Kuliah Online berisi Konten Terbuka (Open Content), yaitu materi belajar dapat digunakan bersama-sama. Kuliah Online juga bisa menjadi Pembelajaran Mobile (Mobile Learning). Mahasiswa dapat mengikuti kuliah di mana saja dan kapan saja, selama mereka memiliki koneksi Internet. Beberapa materi kuliah bahkan dapat di akses walaupun tidak ada koneksi internet. Pada sistem online, mahasiswa tetap memiliki jadwal “tatap muka” bersama dosen, biasanya menggunakan. Selain itu, kelas diskusi dalam chat room pun rutin diadakan. Keaktifan mahasiswa di sini masuk dalam penilaian.

Baca Juga:   Kuliah Online S1 Ilmu Komunikasi

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online

Setelah Anda mengetahui mengenai apa itu program kuliah online, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan mengikuti program kuliah online yang tercantum dalam pemaparan di bawah ini.

Kelebihan Program Kuliah Online

  1. Para Mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan kapan pun dan di mana pun sesuai keinginan dan memiliki koneksi internet dengan baik.
  2. Menghemat biaya transportasi atau pun tempat tinggal bila universitas yang dipilih berada di luar pulau atau luar negeri.
  3. Materi Perkuliahan bisa dipilih sesuai tingkat kemampuan dan juga keinginannya
  4. Tanya Jawab dalam perkuliahan bersifat fleksibel karena bisa ditanyakan lewat chatinggan baik itu kepada dosen atau teman sekelas.
  5. Waktu masa perkuliahan lebih singkat dibandingkan perkuliahan yang bersifat konvensional.
  6. Mahasiswa bisa melihat kembali materi yang diajarkan karena materi biasanya berupa modul yang dapat didownload dan tersimpan dalam PC atau komputer.
  7. Melatih mahasiswa untuk lebih bertanggung jawab, kreatif, dan juga mandiri. Sehingga membentuk pribadi yang lebih percaya diri.
Baca Juga:   Biaya Kelas Karyawan Undira (Universitas Dian Nusantara) TA 2022-2023

Kekurangan Program Kuliah Online

Selain memiliki kelebihan, program kuliah online pun memiliki kekurangan diantaranya adalah :

  1. Sangat tergantung pada internet, bila jaringan lambat atau susah sinyal maka proses pembelajaran akan tertinggal terlebih jika sudah mencakup ujian kuliah.
  2. Sangat tergantung pada sikap displin para mahasiswa, jika kurang disiplin maka akan tertinggal pula dalam pembelajaran.
  3. Dalam hal interaksi sosial menjadi sulit karena terbiasa sendiri.
  4. Ada beberapa mata kuliah yang tidak bisa diajarkan secara online.
  5. Perangkat komputer atau gadget yang memiliki harga cukup mahal, sehingga program kuliah ini baru bisa di akses oleh kalangan tertentu

Demikian kami sampaikan informasi tentang Kuliah Online Kelas Karyawan S1 S2 Universitas Esa Unggul, semoga bermanfaat.

Loading

Berikan Komentar Anda