Jadwal Pendaftaran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SUMUT) 2023/2024

Bersama ini kami terbaru.news menyampaikan informasi tentang Jadwal Pendaftaran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SUMUT) 2023/2024, Sebagai berikut:

Sejarah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sejarah lahirnya UIN Sumatera Utara merupakan perjalanan panjang dari lahir dan dinamika lembaga pendidikan tinggi yang sebelumnya masih berstatus ‘institut’ yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara. Keinginan mengalih status IAIN SU menjadi sebuah universitas tentu didasari oleh semangat yang menggebu untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan wider mandate di berbagai bidang di Sumatera Utara secara khusus, Indonesia dan Asia Tenggara secara umum.

Berdirinya IAIN Sumatera Utara pada tahun 1973 merupakan perkembangan natural dari kemajuan pendidikan di Sumatera Utara, Dari perspektif sejarah, keberadaan Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara dilatari oleh dua faktor. Pertama, bahwa perguruan tinggi Islam yang berstatus negeri saat itu belum ada di Provinsi Sumatera Utara. Kedua, pertumbuhan madrasah, pesantren, dan lembaga pendidikan yang sederajat dengan SLTA berkembang pesat di daerah ini, yang pada gilirannya memerlukan adanya lembaga pendidikan yang lebih tinggi. Sejak awal kemerdekaan sampai tahun 1970-an, jumlah alumni pendidikan madrasah dan pondok pesantren yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi semakin meningkat. Karenanya, kehadiran Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di wilayah Sumatera Utara terasa semakin mendesak dan sangat penting. Hal itu terlebih-lebih mempertimbangkan bahwa di berbagai kota lain di Indonesia telah terlebih dahulu berdiri sejumlah IAIN. Karena dukungan bagi berdirinya IAIN Sumatera Utara datang dari berbagai segmen masyarakat Sumatera Utara, mulai dari Pemerintah Daerah, kalangan perguruan tinggi, ulama, dan tokoh masyarakat.

Baca Juga:   Jadwal Pendaftaran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Washliyah Sibolga (STIE Al-Washliyah Sibolga) 2023/2024

Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Syarat Pendaftaran
  1. Lulus  pada  satuan  pendidikan  MA/MAK/SMA/SMK  sederajat  pada tahun 2020, 2021, dan 2022;
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Induk Siswa  Nasional (NISN);
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000;
  4. Untuk menghindari Penyebaran Virus Corona COVID-19 proses pendaftaran dan ujian dilakukan secara daring (online) sebagai berikut:
  • Pendaftaran pada laman website : http://pmb.uinsu.ac.id
  • Ujian Online pada laman website: https://umm.uinsu.ac.id

Loading

Berikan Komentar Anda