Inilah 15 Negara-Negara Paling Siap Untuk Hadapi Perang Dunia ke III

Negara-negara dengan pertahanan terbaik bahkan tidak segan-segan menghabiskan jutaan dolar untuk memperkuat pasukan negaranya. Menurut data SIPRI terbaru, pengeluaran militer hingga 2016 lalu diperkirakan mencapai USD 1,686 miliar atau meningkat 2,2 persen dari GDP (produk domestik bruto) global.

Dilansir dari laman the Independent, Selasa (25/4), berikut negara-negara dengan anggaran militer tertinggi di dunia yang diperkirakan siap hadapi Perang Dunia Ketiga.

1. Amerika Serikat
Negara yang dipimpin oleh Presiden Amerika Serikat berada di posisi puncak dengan pembelanjaan militer sebanyak USD 611 miliar. Angka tersebut menduduki 36 persen dari keseluruhan negara dan jumlahnya bahkan tiga kali lipat lebih besar dari China.
2. China
Ada celah sangat besar dari pengeluaran militer China dengan AS. Hal tersebut karena China mengalami pertumbuhan pengeluaran militer yang melambat. Secara keseluruhan, China menghabiskan dana sebesar USD 215 miliar atau 13 persen dari saham global untuk pembelanjaan militer.
3. Rusia
Pada 2015 lalu Rusia mengalami kenaikan dramatis terhadap pembelanjaan militer namun sekarang negara tersebut menduduki urutan ketiga di dunia dalam kategori pengeluaran militer terbesar.
Rusia menghabiskan dana sekitar USD 69,2 miliar atau 4,1 persen dari total pengeluaran secara global.
4. Arab Saudi
Jatuhnya harga minyak di negara pengekspor minyak sejak 2014 lalu telah menyebabkan penurunan besar dalam dana belanja militer Arab Saudi. Kini, Saudi menghabiskan dana USD 63,7 miliar untuk anggaran militernya.
5. India
India telah menghabiskan USD 55,9 miliar atau 3,3 persen dari total global untuk anggaran militer. Jumlah tersebut kemungkinan ada kaitannya dengan konflik separatis yang sedang berlangsung di Kashmir.

Loading

Berikan Komentar Anda