Ini Dia 13 Aroma yang Cocok untuk Mengusirnya Ular dari Rumah

Ular yang mendadak masuk atau bahkan bersarang di dalam tempat tinggal akan menakuti penghuni sesisi rumah.

Ular dapat sewaktu-waktu menyelinap lewat celah-celah terbuka rumah tanpa sepengetahuan penghuninya.

Penghuni rumah yang terkejut lantas dapat tanpa sadar membuat ular tidak nyaman sehingga menyerang manusia. Jika sampai tergigit, terutama ular berbisa, efeknya bisa berbahaya bahkan berujung pada kematian.

Memastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi dapat mencegah bersarangnya ular. Cara ini sekaligus mengusir hama seperti tikus yang merupakan mangsa reptil tersebut.

Untuk mencegah dan mengusir ular masuk ke dalam rumah, ada beberapa bahan/produk yang mengeluarkan aroma menyengat sehingga dibenci ular. Hewan melata ini memang memiliki indra penciuman yang tajam.

Namun, kondisi ini juga membuatnya terlalu peka pada benda-benda berbau menyengat. Benda dengan bau menyengat akan ampuh digunakan untuk mengusir ular dari dalam rumah.

Apa saja aroma yang tidak disukai ular?

Aroma dibenci ular

Dikutip dari berbagai sumber, simak aroma-aroma yang tidak disukai ular berikut ini:

1. Produk kebersihan

Ahli Herpetologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Amir Hamidy mengatakan, ular dapat diusir dari rumah menggunakan produk kebersihan dengan bau yang tajam.

“Rumah itu setiap hari harus dipel dengan wangi-wangian yang menyengat, misal pembersih lantai dari karbol seperti wipol,” ujarnya, seperti diberitakan Kompas.com (30/4/2023).

Baca Juga:   Viral Disomasi Tim Sukses Caleg Gegara Protes Rumahnya Dipasang Stiker Tanpa Izin

2. Bahan bakar

Selain produk kebersihan, Amir menyebutkan, bensin dan minyak tanah juga dapat digunakan untuk mengusir ular.

Ini karena kedua bahan bakar tersebut juga mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai ular. Sebagai alternatif lainnya, parfum sintesis berbau tajam juga cocok untuk mengusir ular.

3. Kayu manis dan cengkeh

Dilansir dari Kompas.com (17/5/2023), kayu manis dan cengkeh yang beraroma wangi untuk masakan dapat digunakan untuk melawan ular.

Caranya gunakan minyak dari kayu manis dan cengkeh untuk semprotan pengusir hama.

Cara terbaik untuk menerapkannya dengan menyemprotkan langsung ke tubuh reptil tersebut dengan hati-hati.

4. Cuka

Selain itu, cuka dapat digunakan untuk mengusir ular karena aroma khasnya yang menyengat. Aroma ini berasal dari zat asam yang dikandungnya. Untuk mengusir hewan tersebut, tuangkan cuka ke tanah atau permukaan yang sering dilewatinya.

Ular yang sensitif terhadap bau menyengat tidak akan mau merayap di atas permukaan tersebut.

5. Jeruk

Buah citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan sebagainya mengeluarkan aroma segar bagi manusia. Namun, buah ini justru tidak disukai ular berkat aroma asam dari senyawa limonene yang dikeluarkan.

Gunakan kulit jeruk untuk mencegah serangan serangga, hewan pengerat, dan ular. Caranya, ambil potongan kulit buah dan gosokkan ke area yang kemungkinan dilewati hama.

Baca Juga:   Roller Coaster Macet Mendadak, 32 Penumpang Histeris Tergantung Terbalik Hampis 1 Jam

6. Pepermin

Daun pepermin mengeluarkan aroma menyengat dalam bentuk minyak atsiri. Tumbuhan ini bagi manusia digunakan sebagai minyak esensial untuk aromaterapi.

Namun, bagi ular dan serangga, pepermin berbau menyengat dan tidak enak. Untuk menggunakan minyak ini, uapkan menggunakan mesin diffuser sehingga aromanya tersebar ke sekeliling rumah.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah menjadikannya semprotan pengusir hama.

7. Kapur barus

Kapur barus mengeluarkan aroma menyengat dari zat kimia bernama naphthalene. Aroma ini mengganggu sekaligus berbahaya bagi kesehatan hewan yang menciumnya.

Untuk mengusir hewan pengganggu, taruh kabur barus dalam lemari atau sudut-sudut rumah. Cara ini sekaligus menghilangkan kelembaban pada suatu area yang disukai hama.

8. Bawang

Bawang putih dan merah mengeluarkan aroma tajam yang mengganggu indra penciuman ular. Aroma ini muncul dari senyawa bernama allicin. Senyawa ini biasanya juga digunakan sebagai insektisida alami

Aroma bawang akan semakin keluar saat bawang tersebut dalam keadaan terpotong. Karena itu, untuk mengusir hama yang mengganggu rumah, letakkan bawang di sudut-sudut rumah terutama yang tersembunyi.

9. Asap

Bau asap dari bakaran kayu atau perapian dapat membantu mengusir ular yang akan masuk ke rumah.

Asap mengeluarkan aroma tajam yang ampuh menjauhkan ular. Gunakan juga asap dari api unggun untuk menghindari ular saat berkemah.

Baca Juga:   6 Karya Canggih Anak Bangsa Ini Ditolak di Negeri Sendiri, Padahal sangat diakui dunia internasional

10. Kemangi

CEO Elite Patio Direct, Granger McCollough menyatakan bahwa ular tidak menyukai bau daun kemangi. Daun yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini juga dapat mengusir serangga seperti lalat dan nyamuk.

Dilansir dari Kompas.com (26/6/2023), menanam kemangi di dalam rumah atau halaman dapat menjadi salah satu cara mengusir ular.

Cara lainnya, gunakan semprotan minyak esensial beraroma kemangi di celah terbuka atau bagian rumah yang berpotensi menjadi sarang ular.

11. Serai

Dikutip dai AZ Animals (7/8/2023), semua jenis serai mengelaurkan aroma menyengat yang dapat mengusir serangga seperti nyamuk serta ular. Untuk menggunakannya, tanam serai di halaman rumah atau bakar seperti lilin sehingga aromanya keluar.

12. Amonia

Amonia merupakan bahan kimia beraroma kuat yang dibenci ular. Gunakan zat kimia ini untuk semprotan sekitar rumah. Amonia juga dapat membunuh ular yang merayap di atas permukaan yang terkena zat ini.

13. Marigold

Diberitakan Best Life (14/6/2023), bunga marigold melepaskan senyawa alpha-terthienyl yang mengganggu ular. Bunga marigold Tagetes tenuifolia juga memiliki aroma yang sangat cocok untuk mengusir ular.

ntuk mengusirnya, tanam bunga marigold di sekitar pintu masuk rumah atau halaman.

Loading

Berikan Komentar Anda